Garis Keturunan Indonesia di Negara Lain

Garis Keturunan Indonesia di Negara Lain

Orang Jawa di Suriname.--Instagram.com/@infoantropologi

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Setiap negara pasti memiliki kisah sejarah tersendiri. Tahukah anda terdapat beberapa negara di dunia ini yang memiliki keterkaitan sejarah dengan Indonesia? Berikut ini deretan negara di dunia yang memiliki garis keturunan Indonesia.

1. Belanda

Pada tanggal 22 Maret 1951, sebanyak 12.500 orang dikabarkan telah berlabuh di Belanda dengan kapal Kota Inten. Usai Perang Dunia II, negeri kincir angin itu sedang kekurangan pemukiman. Alhasil, mayoritas pendatang dari Maluku terpaksa tinggal di bekas kamp.

Faktor ekonomi yang  membuat orang-orang dari berbagai daerah di nusantara memilih untuk migrasi ke Belanda. Kebanyakan yang berpindah ke Belanda adalah para pribumi yang berasal dari Maluku dan pernah menjadi serdadu KNIL. Saat ini terdapat 395.000 jiwa keturunan Indonesia yang tinggal di negara kincir.

BACA JUGA:Resep Es Kacang Merah Palembang, Menu Takjil Praktis Ramah Kantong

BACA JUGA:5 Manfaat Beras Hitam bagi Kesehatan yang Jarang Orang Ketahui

2. Suriname

Suriname merupakan negara yang berada di wilayah Amerika Selatan. Negara ini berbatasan langsung dengan Guyana Perancis di timur, lalu Guyana di Barat. Negara ini memiliki berbagai macam etnis yang meninggali wilayah ini dan salah satunya etnis Jawa.

Ketika Perang Dunia II, tercatat terdapat sekitar 30 ribu orang Jawa di Suriname. Etnis Jawa pada awalnya masuk ke Suriname ketika masa penjajahan Kolonial Belanda. Kala itu Suriname terkendala dalam pengadaan sumber daya manusia penggeraknya.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kolonial Belanda Suriname melakukan transmigrasi yang sangat jauh dari Indonesia menuju Suriname. Etnis Jawa dipilih bukan tanpa alasan melainkan karena keahlian para pribumi dalam hal pertanian. Faktor kepadatan penduduk Jawa merupakan faktor lain yang menyebabkan mereka ke Suriname.

BACA JUGA:Kemenag Sumsel Pantau Hilal Tentukan 1 Ramadan, Begini Perhitungan Rukyatul Hilal

BACA JUGA:Masjid Agung SMB Jayo Wikramo Gelar Kegiatan Selama Ramadan

3. Madagaskar

Orang Indonesia merupakan nenek moyang penduduk Madagaskar. Pada 1.200 tahun silam, terdapat sekitar 30 orang wanita Indonesia menjadi pendiri dari koloni Madagaskar. Sedangkan untuk jumlah lelakinya lebih sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber