BRI dan Rumah BUMN Cetak UMKM Siap Ekspor: Kisah Sukses Baker’s Gram

Sabtu 14-06-2025,11:22 WIB
Reporter : Abidin Riwanto
Editor : Abidin Riwanto

PALTV.CO.ID- Banyak perjalanan usaha bermula dari tradisi keluarga, begitu pula kisah Ratna, pemilik Baker’s Gram, sebuah UMKM kuliner yang berkembang dari industri rumahan menjadi café modern dengan visi menembus pasar global.

Sejak SMP, Ratna sudah terbiasa membantu ibunya mengelola bakery keluarga yang saat itu menjadi bagian dari layanan bridal house. “Waktu itu, bakery kami melengkapi paket bridal house, mulai dari busana hingga kue pengantin,” kenangnya.

Usaha sempat terhenti pada tahun 2000 ketika rumah direnovasi menjadi ruko. Namun, semangat wirausaha tumbuh kembali setelah anak-anak dewasa. Pada 5 Desember 2023, lahirlah kembali

Baker’s Gram dengan konsep baru: tidak hanya menjual roti dan kue, tetapi juga menghadirkan café modern di kawasan Gunung Sahari, Jakarta, lengkap dengan menu kopi, sarapan, hingga hidangan utama seperti chicken steak dan bakmi.

BACA JUGA:Dorong Sektor Produksi Bergeliat, BRI Salurkan KUR Rp69,8 triliunke 8,3 Juta Debitur UMKM

BACA JUGA:Green Financing BRI Terus Tumbuh di Tengah Transformasi Hijau Industri Perbankan

Untuk memperkuat legalitas, Ratna mendirikan  PT Genta Tata Boga pada Desember 2024. Kini usahanya telah memiliki NIB, sertifikat halal, dan izin BPOM.

Sejak 2024, Ratna bergabung sebagai UMKM binaan Rumah BUMN BRI Jakarta, aktif mengikuti pelatihan digital marketing, e-commerce, hingga sertifikasi halal self-declare. “Saya paling semangat ikut pelatihan marketing digital, karena penjualan online sekarang sangat penting,” ujarnya.


BRI dan Rumah BUMN sukses lahirkan UMKM siap ekspor. Baker’s Gram jadi contoh inspiratif perjalanan bisnis kuliner menuju pasar global.--foto: dok. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)

BRI turut mendukung perjalanan Baker’s Gram dengan layanan digital seperti EDC Merchant dan QRIS. “Melalui Rumah BUMN, kami tidak hanya memberi pelatihan dan pembinaan, tapi juga dukungan teknologi serta akses pasar bagi UMKM,” jelas Corporate Secretary BRI, Agustya Hendy Bernadi.


BRI dan Rumah BUMN sukses lahirkan UMKM siap ekspor. Baker’s Gram jadi contoh inspiratif perjalanan bisnis kuliner menuju pasar global.--foto: dok. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)

Café ini juga memberdayakan tenaga kerja muda, terutama lulusan SMK dan Gen Z yang piawai mengelola media sosial dan e-commerce. “Mereka punya semangat tinggi, cepat beradaptasi, dan kreatif,” kata Ratna.

Kini, Baker’s Gram tengah menatap peluang ekspor. Pada September 2025, Ratna bersiap membawa produknya ke pameran UMKM Indonesia di Istanbul bersama KJRI dan Kementerian terkait.

Sebagai pesan untuk sesama pelaku UMKM, Ratna menegaskan: “Tetap semangat, terus belajar, dan temukan produk sesuai passion. Jika sudah menemukan, fokuslah mengembangkannya.”.(*)

Kategori :