PALTV.CO.ID - Saat ini ada 21 stasiun dan pos blok di wilayah KAI Divre III,menggunakan sistem persinyalan elektrik dalam mengatur perjalanan kereta api. sisanya sebanyak 12 stasiun masih menggunakan sistem persinyalan mekanik.
Untuk persinyalan elektrik sendiri, memainkan peran penting dalam meningkatkan keselamatan dan efisiensi operasional kereta api.
Wilayah operasi PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional III Palembang tidak terlepas dari upaya mengoptimalkan penggunaan teknologi persinyalan elektrik.
Menurut Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti persinyalan elektrik dan mekanik, merupakan dua jenis sistem persinyalan yang digunakan dalam operasional kereta api, yang memiliki perbedaan dalam hal komponen, kompleksitas, dan kemampuan.
BACA JUGA:Tecno Pova 7 Ultra: Smartphone Murah yang Digadang Mirip iPhone?
BACA JUGA:TECNO 7 Ultra Hadir, Tawarkan Fitur Premium di Kelas Mid-Range Terjangkau
Aida suryanti manager humas PT kai Divre III Palembang-Foto/Ekky Saputra-PALTV
"Peran sistem persinyalan baik elektrik maupun mekanik yakni untuk membantu mengatur pergerakan kereta api dengan memberikan instruksi kepada masinis tentang kapan harus berjalan dan berhenti, memberikan tanda yang jelas keberadaan kereta api lain di jalur yang sama sehingga mencegah tabrakan antara kereta api, memberikan tanda batas kecepatan kereta api dan membantu mengatur rute perjalanan Kereta Api" Terang Aida
Perbedaan antara sistem persinyalan elektrik dan mekanik terletak pada penggunaan komponen peralatannya, dimana persinyalan elektrik menggunakan komponen seperti relay, sirkuit elektronik, dan sinyal elektrik sedangkan persinyalan mekanik menggunakan komponen seperti tuas, kabel, dan sinyal mekanik.
Selain itu, persinyalan elektrik lebih kompleks dan memerlukan pengetahuan khusus untuk memahami dan mengoperasikannya sedangkan persinyalan mekanik relatif lebih sederhana dan memiliki biaya perawatan yang lebih rendah dibandingkan dengan persinyalan elektrik.
"Dari perbedaan tersebut, persinyalan elektrik memiliki keunggulan dibanding mekanik karena lebih akurat dan menggunakan komponen elektrik yang lebih presisi," jelas Aida.
BACA JUGA:Penawaran Menarik Tecno POVA di Marketplace, Diskon Besar Hingga Akhir Pekan Ini
BACA JUGA:Rahasia Sukses Produk Lokal! Ini Langkah Strategis Kakanwil Kemenkum Sumsel dan Dirjen KI
Perbedaan antara sistem persinyalan elektrik dan mekanik terletak pada penggunaan komponen peralatannya, --Foto : Humas KAI
Selain itu, persinyalan elektrik juga memiliki kemampuan interlocking yang lebih baik, yaitu kemampuan untuk mengatur dan mengunci sistem persinyalan untuk mencegah kesalahan serta dapat diintegrasikan dengan sistem otomatisasi lainnya, seperti sistem kontrol kereta api otomatis dan lebih mudah dipantau dari jarak jauh sehingga memudahkan pengawasan dan pengendalian operasional kereta api.