Buat kamu yang lagi hunting mobil baru dengan budget di kisaran Rp200 jutaan,--www.hondaindonesia.com
Salah satu kritik terbesar ke mobil LCGC adalah kualitas kenyamanannya, terutama soal AC. Banyak yang bilang AC-nya anyep dan kadang berbau aneh. Dibandingkan dengan mobil non LGCC yang punya AC lebih dingin.
BACA JUGA:Epson Sambangi Sumatera Ekspres Group, Jajaki Sinergi Teknologi dan Media
BACA JUGA:PLN Siap Jalankan RUPTL 2025–2034, Dorong Investasi, Lapangan Kerja, dan Ekonomi Daerah
Belum lagi soal fitur: LCGC masih terbatas banget dari sisi hiburan, kenyamanan, sampai keamanan. Jadi, walau lebih murah, kamu dapatnya juga “murahan”.
Konsumsi BBM Nggak Selalu Lebih Irit
LCGC sering dianggap irit. Tapi di medan berat kayak tanjakan pegunungan, mobil ini bisa lebih boros daripada mobil non-LCGC. Kenapa? Karena kapasitas mesin yang kecil bikin mesin kerja ekstra, dan itu bikin konsumsi BBM naik drastis.
Jual Bekasnya Susah?
BACA JUGA:Epson Sambangi Sumatera Ekspres Group, Jajaki Sinergi Teknologi dan Media
Pengalaman banyak orang yang pernah jual LCGC bekas: susah laku. alasannya, orang takut mobil bekas taksi online sih. Risiko dapet mobil capek, kilometer tinggi, atau rekondisi nakal bikin orang jadi ragu.
Pajak Memang Lebih Murah, Tapi...
Pajak LCGC memang lebih ringan karena harga dasar mobilnya rendah. Tapi, sejak subsidi pemerintah dialihkan ke mobil listrik (EV), LCGC udah nggak terlalu istimewa lagi soal insentif.
Jadi, Masih Layak Dibeli?
Jawabannya: tergantung. Kalau kamu cari mobil buat kebutuhan dasar, first car, dan kamu benar-benar butuh yang ekonomis, LCGC masih bisa jadi pilihan aman.
Tapi kalau kamu sedikit nambah budget dan mau cari mobil yang lebih nyaman, fitur lengkap, dan resale value lebih baik, mobil non-LCGC jelas lebih worth it.