PLN dan Komisi XII DPR RI Dengar Aspirasi Warga Soal Listrik di Rantau Alai

Selasa 13-05-2025,21:29 WIB
Reporter : Hefrizal
Editor : Muhadi Syukur

 

OGAN KOMERING ILIR, PALTV.CO.ID - 9 Mei 2025, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) bersama Komisi XII DPR RI mengadakan kunjungan lapangan ke Kecamatan Rantau Alai, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), sebagai bagian dari upaya menyerap langsung aspirasi masyarakat terkait pelayanan listrik.

 

Kunjungan ini dihadiri oleh General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, yang mendampingi Anggota Komisi XII DPR RI, Dewi Yustisiana, S.H., M.Kn. Rombongan disambut oleh Camat Rantau Alai, Febrian Mudianti, S.P., M.Si., bersama unsur Forkopimcam, seperti Kapolsek Iptu Agus M, dan para perangkat desa.


Masyarakat antusias menghadiiri Kunjungan General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, yang mendampingi Anggota Komisi XII DPR RI, Dewi Yustisiana, S.H., M.Kn. --Foto : Humas PLN

 

Dalam kesempatan itu, digelar sesi dialog terbuka bersama warga Desa Sanding Marga. Warga menyampaikan berbagai persoalan kelistrikan, seperti tegangan listrik yang rendah serta kebutuhan penambahan infrastruktur penunjang.

 

Dewi Yustisiana menegaskan bahwa Komisi XII memiliki tanggung jawab untuk memastikan seluruh masyarakat Indonesia, termasuk di pelosok desa, mendapatkan akses listrik yang adil dan merata. Ia mengajak PLN dan seluruh pemangku kepentingan untuk memperkuat sinergi dalam mewujudkan layanan listrik yang berkelanjutan.


Dewi Yustisiana, S.H., M.Kn. --Foto : Humas PLN

 

“Komisi XII hadir untuk menampung dan memperjuangkan suara masyarakat. Kolaborasi dengan PLN menjadi kunci dalam pemerataan energi listrik yang berkualitas,” ujar Dewi.

 

Adhi Herlambang menyampaikan bahwa pasokan listrik di wilayah Sumatera Selatan dalam kondisi cukup dan aman. Namun, ia mengingatkan pentingnya menjaga keandalan jaringan dengan mencegah gangguan dari luar, seperti pohon yang menyentuh kabel atau bermain layang-layang di dekat jaringan listrik.


General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang--Foto : Humas PLN

 

“Kondisi pasokan saat ini aman, namun kami terus meningkatkan keandalan sistem. Diperlukan peran aktif masyarakat dalam menjaga infrastruktur kelistrikan,” jelas Adhi.

 

Salah satu warga, Sarbini, menyampaikan apresiasinya atas peningkatan layanan kelistrikan yang telah dirasakan. Ia berharap penambahan trafo bisa segera direalisasikan untuk menjaga kestabilan daya listrik di lingkungan mereka.

 

“Kami bersyukur dengan adanya tiang dan kabel baru. Semoga ke depan ada penambahan trafo agar listrik makin stabil,” tuturnya.

 

Warga juga mendorong agar program Listrik Desa segera diperluas di wilayah Rantau Alai guna memperluas jangkauan layanan dan meningkatkan keandalan pasokan listrik.

 

PLN terus berinovasi memberikan pelayanan kelistrikan terbaik bagi masyarakat. Saat ini, akses terhadap layanan PLN semakin mudah melalui aplikasi PLN Mobile dan Call Center 123, sebagai bagian dari transformasi digital perusahaan.

 

Kategori :