Ambisi jadi Ketua BEM di Kampus! Ini Tips Yang Perlu Dilakukan

Jumat 23-06-2023,11:22 WIB
Reporter : Annisa Mafiro
Editor : Hanida Syafrina

BEM adalah sebuah tim kerja. Salah satu tugas Anda adalah membangun tim yang solid dan efisien. Pilih anggota BEM yang memiliki dedikasi, keterampilan, dan visi yang sejalan dengan tujuan organisasi.

Pastikan setiap anggota merasa dihargai dan termotivasi untuk berkontribusi secara maksimal. Selain itu, tetaplah terbuka untuk ide dan masukan dari anggota tim Anda.

BACA JUGA:Penting! Minum Susu Sebelum Masuk Masa Menopause

BACA JUGA:Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu! 9 Cara Mengatur Uang Belanja Harian

4. Komunikasi yang efektif: 

Sebagai Ketua BEM, Anda harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Anda harus mampu berkomunikasi dengan baik dengan anggota BEM, mahasiswa lainnya, dosen, serta pihak eksternal seperti lembaga kemahasiswaan dan pemerintah kampus.

Jadilah pendengar yang baik, sampaikan informasi dengan jelas, dan jaga komunikasi yang terbuka. Komunikasi yang efektif akan membantu Anda membangun hubungan yang baik dan memperoleh dukungan untuk program-program BEM.

5.Kenali kebutuhan mahasiswa: 

BACA JUGA:Sering Disepelehkan, 10 Manfaat Mencatat Pengeluaran yang Penting bagi Keuanganmu

BACA JUGA:Tips Efektif untuk Mengolah Keuangan Anda di Akhir Bulan

Sebagai seorang Ketua BEM, perlu untuk mendengarkan dan memahami kebutuhan, aspirasi, dan masalah yang dihadapi oleh mahasiswa. Lakukan survei atau diskusi dengan mahasiswa untuk mengidentifikasi isu-isu yang paling penting bagi mereka.

Dengan memahami kebutuhan mahasiswa, Anda dapat merancang program dan kegiatan yang relevan serta mengatasi masalah yang dihadapi oleh mahasiswa.

6. Kembangkan keterampilan kepemimpinan: 

Keterampilan kepemimpinan dapat dipelajari baik secara ototidak maupun mengikuti seminar-eminar motivasi. Biasakan mendengar dan ke lapangan untuk mengetahui persis, apa saja yang menjadi kebutuhan mahasiswa.

Keterampilan kepemimpinan yang kuat sangat penting bagi seorang Ketua BEM. Tingkatkan keterampilan kepemimpinan Anda melalui pembacaan, pelatihan, dan sebagainya ,dalam program kerja bem fakultas dakwah dan komunikasi untuk pertama memasuki BEM adalah mengikuti kegiatan PKMTD (Pelatihan kepemimpinan Mahasiswa Tingkat dasar) dimana ketua bem menjelaskan bagaiamana kepemimpinan dilatih sejak awal saat memasuki bem kampus.*

 

Kategori :