PALTV.CO.ID - Mobil listrik Neta kembali menjadi sorotan setelah salah satu konsumennya di China, seorang pria bernama He dari Huzhou, Provinsi Zhejiang, mengungkapkan keluhan terkait penurunan performa baterai mobilnya.
He membeli mobil Neta Aya pada Mei 2023 seharga 76.000 yuan atau sekitar Rp167 juta. Mobil tersebut dijanjikan mampu menempuh jarak 401 kilometer dalam sekali pengisian daya.
Namun, hanya dalam waktu 1,5 tahun, baterainya hanya mampu bertahan sejauh 40 kilometer per pengisian daya.
Masalah ini bermula saat cuaca dingin melanda wilayah tersebut. He menyadari bahwa daya jelajah mobilnya menurun secara signifikan hingga hanya mampu menempuh jarak sekitar 60 kilometer.
BACA JUGA:Kejari Muara Enim Tegas Tindak Kasus Korupsi
BACA JUGA:Atlet Pertina Muba Raih Medali Emas di Kejuaraan Piala Gubernur Lampung
Kondisi ini membuatnya kesulitan untuk memenuhi kebutuhan perjalanan harian.
Situasi semakin parah ketika jangkauan baterai berkurang menjadi hanya 40 kilometer, membuat mobil tidak lagi dapat digunakan untuk perjalanan pulang pergi ke tempat kerjanya yang berjarak 42 kilometer.
Mobil listrik Neta kembali menjadi sorotan setelah salah satu konsumennya di China, --ilustrasi pribadi
He kemudian membawa mobilnya ke toko layanan Neta 4S di Anji setelah dealer tempat ia membeli mobil sudah tutup. Pihak dealer menyatakan bahwa baterainya mengalami kerusakan dan perlu diganti.
Namun, mereka tidak memiliki stok baterai pengganti. Lebih buruknya lagi, dealer tidak dapat memberikan waktu pasti kapan perbaikan dapat dilakukan.
BACA JUGA:Kolaborasi Kementrans & Kementan Agar Pendapatan Petani-Transmigran Lebihi Gaji Menteri
BACA JUGA:Kanwil Kemenkum Sumsel Ikuti Rapat Penilian Program Desa/Kelurahan Sadar Hukum
Informasi yang diberikan hanya menyebutkan bahwa penggantian baterai baru mungkin dilakukan setelah Tahun Baru, tanpa kejelasan apakah merujuk pada Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 29 Januari.
Dalam sebuah video yang diunggah oleh He, ia mengungkapkan kekecewaannya atas lambannya respons dari pihak Neta. Dia juga telah menghubungi layanan pelanggan nasional dan pihak pemeliharaan Neta untuk meminta solusi.