Panduan Jumpstart Aki Mobil dengan Aman Tanpa Menggunakan Kabel

Senin 28-10-2024,16:43 WIB
Reporter : sandi ardiansyah
Editor : Hanida Syafrina

PALTV.CO.ID,- Masalah pada aki kendaraan seringkali menjadi penyebab utama mengapa mobil tiba-tiba mogok. Kondisi ini bisa menghambat aktivitas pengemudi, terutama ketika sedang mempersiapkan perjalanan. 

Salah satu indikator bahwa aki mengalami masalah adalah ketika aki sudah tidak berfungsi secara optimal atau mulai soak.

Tanda-tanda aki yang bermasalah biasanya terlihat dari beberapa ciri, seperti lampu utama yang mulai meredup, suara klakson yang lemah, dan indikator di spidometer yang mati. 

Jika kondisi tersebut muncul, besar kemungkinan aki perlu segera diganti agar mobil dapat digunakan dengan aman.

BACA JUGA:Reservasi Bank BRI Kini Gak Ribet, Gunakan Sabrina Sekarang!

BACA JUGA:PT Sokonindo Automobile Giatkan Sosialisasi Edukasi Kendaraan Listrik di Bali

Bagi pengemudi yang berada dalam situasi mendesak, salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan jumper aki. 

Aki sendiri merupakan komponen yang sangat penting dalam kendaraan, karena berfungsi untuk menghidupkan mesin serta menjalankan sistem kelistrikan lainnya.

Menurut informasi dari situs resmi Auto2000 pada Jumat, 25 Oktober 2024, ada sejumlah metode yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah aki tanpa harus menggunakan kabel jumper. 

Beberapa metode ini memberikan opsi yang lebih praktis, terutama bagi pengemudi yang mungkin tidak selalu membawa perlengkapan jumper.

BACA JUGA:Mengapa Punya Second Account Jadi Tren di Media Sosial? Ini Alasannya!

BACA JUGA:YouTube mengizinkan para kreator India untuk menandai produk Flipkart dan Myntra

Pertama, pemilik kendaraan bisa mempertimbangkan untuk menggunakan power bank khusus aki mobil. 

Power bank ini sangat praktis dan dirancang untuk memberikan daya tambahan pada aki mobil tanpa perlu kabel jumper. 

Alat ini biasanya portabel dan dapat diisi ulang, sehingga dapat dibawa ke mana saja. Dengan kapasitas daya yang mencukupi, power bank ini mampu menghidupkan mobil dalam situasi darurat.

Kategori :