Adab Berdebat Yang Baik Sesuai Syariat Islam

Kamis 24-10-2024,07:17 WIB
Reporter : Angga Pranando
Editor : Muhadi Syukur

PALTV.CO.ID, Sebagai seorang muslim adab berdebat yang baik dan sesuai dengan syariat islam haruslah kita pahami.

Akhir-akhir ini, banyak acara debat yang kita lihat di televisi menyajikan para calon kepala daerah berdebat atau beradu visi misi.

Namun, bagai mana sebenarnya debat tau berdebat yang baik itu dilakukan ? yang terkadang perdebatan itu memunculkan perpecahan ataupun permusuhan.

Dalam Islam, debat seringkali menjadi sarana untuk menyampaikan pendapat, mencari kebenaran, dan memahami lebih dalam tentang suatu persoalan.

 BACA JUGA:Prinsip-prinsip Poligami dalam Islam yang Sesuai dengan Syariat

BACA JUGA:Adab Memberi dan Menagih Hutang yang Sesuai Dengan Ajaran Islam


debat seringkali menjadi sarana untuk menyampaikan pendapat, mencari kebenaran, dan memahai lebih dalam tentang suatu persoalan.--Foto : Freepik.com@rawpixel.com

 

Namun, dalam ajaran Islam, ada adab-adab yang harus di jaga atau dilalukan dalam berdebat.

Hali ini bertujuan untuk memastikan bahwa proses berdebat dilakukan dengan adil, hormat, dan bermanfaat sesuai ajaran agama.

Mengutip dari  Wikipedia, debat merupakan kegiatan adu argumentasi atau pendapat antara dua pihak atau lebih, baik perseorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah ataupun perbedaan.

Sementara itu, dalam bahasa arab berdebat atau debat di sebut jadal atau jidal.  Tetapi, perlu diingat bahwa debat diperbolehkan dalam islam apabila hal tersebut memang harus dilakukan.

Disisilain, meskipun debat dapat menjadi metode dakwah, seorang mukmin harus memahami bahwa perdebatan atau berdebat bukanlah langkah pertama dalam berdakwah melainkan jalan terakhir yang harus ditempuh.

 BACA JUGA:Hukum Membunuh Hewan Yang Mengganggu Atau Membahayakan Dalam Islam

BACA JUGA:Tanda-tanda dan Penyebab Kerasnya Hati Seseorang Menurut Islam

Kategori :