Kasetpres Pastikan Kesiapan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024-2029

Sabtu 19-10-2024,18:08 WIB
Reporter : Muhadi Syukur
Editor : Muhadi Syukur

PALTV.CO.ID - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyatakan kesiapan pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029.

Acara tersebut akan digelar di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Persiapan dimulai sejak ketibaan tamu-tamu negara di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, serta Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Heru menjelaskan bahwa pihaknya terus memantau penambahan tamu negara yang akan hadir, dan data final akan dirilis pada sore hari atau keesokan paginya.

BACA JUGA:Menhub Dukung Ekspansi Kereta Cepat Whoosh hingga Surabaya

BACA JUGA:Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tanam Pohon di Halaman Istana Kepresidenan Jakarta

“Kami sedang melakukan penyusunan lebih lanjut mengenai siapa saja tamu yang akan tiba di Halim dan Soekarno-Hatta. Data lengkapnya akan kami umumkan secepatnya,” ujar Heru.

Setiap tamu negara, baik Kepala Negara atau pejabat setingkat, akan disambut dengan prosesi kehormatan, termasuk barisan pasukan kehormatan serta penampilan dari Korps Musik (Korsik). Selain itu, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan pemerintah pusat untuk menyiapkan tampilan visual di sejumlah videotron di sekitar Jakarta guna menyambut kedatangan tamu-tamu negara ini.

“Pemprov DKI akan menampilkan video kedatangan para tamu negara di seluruh videotron LED yang tersebar di Jakarta mulai 19 Oktober,” jelasnya.

Heru juga menambahkan bahwa pada 20 Oktober 2024, Pemprov DKI Jakarta akan menggelar panggung hiburan di kawasan Sudirman-Thamrin untuk memeriahkan acara pelantikan. Hiburan ini akan dimulai pukul 11.00 WIB dan berlanjut hingga kedatangan Presiden terpilih di Istana Kepresidenan.

BACA JUGA: Sejak 2020 Beroperasi, Tarif Tol Terpeka Alami Kenaikan, Berikut Penjelasan Pengelola

BACA JUGA:Kanwil Kemenkumham Sumsel Hadiri Rapat Percepatan Perluasan Data Responden SPI KPK di Lingkungan Kemenkumham

“Masyarakat diundang untuk hadir di panggung-panggung hiburan yang telah disiapkan. Selain hiburan, akan ada hadiah-hadiah yang dibagikan, sehingga partisipasi masyarakat sangat diharapkan,” imbuhnya.

Acara pelantikan tersebut akan diakhiri dengan jamuan makan malam kenegaraan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto, yang akan dihadiri oleh tamu-tamu negara, baik pemimpin negara maupun utusan khusus dari berbagai negara.

“Pada malam harinya, Presiden terpilih Prabowo akan menjamu tamu-tamu negara di Istana Kepresidenan,” pungkas Heru.

Kategori :