Leapmotor B10 Akhirnnya Meluncur di Paris Motor Show 2024

Sabtu 19-10-2024,15:50 WIB
Reporter : KM. Shofuan
Editor : Muhadi Syukur

PALTV.CO.ID - Leapmotor, produsen otomotif asal Tiongkok, kembali menarik perhatian dunia dengan kehadirannya di Paris Motor Show ke-90. 

Dalam pameran otomotif internasional ini, Leapmotor memanfaatkan momentum untuk melakukan peluncuran global model terbarunya, yaitu B10, serta memperkenalkan model lain, C16. 

Keikutsertaan ini menegaskan ambisi besar Leapmotor untuk memperluas pangsa pasarnya di Eropa, terutama di Prancis. Sebelumnya, Leapmotor telah membuka pemesanan untuk model T03 dan C10 di wilayah tersebut.

Sebagai bagian dari strateginya untuk memperkuat penetrasi pasar global, Leapmotor membentuk joint venture dengan Stellantis, sebuah aliansi strategis yang dimulai kurang dari satu tahun yang lalu. 

BACA JUGA:Mobil Listrik Leapmotor C10 Asal China ini Bisa Tahan Sampai 530 KM

BACA JUGA:Yamaha R25 Motor Sport yang Menggoda dengan Produktivitas Tangguh dan Desain Agresif

Melalui kerja sama ini, Stellantis menguasai 21% saham Leapmotor setelah berinvestasi sebesar 1,5 miliar Euro. Dalam kesepakatan kemitraan ini, Leapmotor memegang 51% saham sementara Stellantis memiliki 49%. Langkah ini diambil guna mendukung Leapmotor dalam mempercepat penetrasi pasar Eropa, sebuah pasar yang menuntut inovasi dan kualitas tinggi.

Dalam peluncuran perdananya, Leapmotor memperkenalkan B10, sebuah SUV kompak yang diklaim akan menjadi pilihan yang terjangkau bagi konsumen berbagai kalangan. B10 didukung oleh arsitektur Leap 3.5 terbaru, yang menawarkan teknologi terkini. 

Walaupun spesifikasi lengkap B10 belum diungkap, beberapa fitur canggih yang dimiliki sudah diketahui. Salah satu daya tarik utama dari B10 adalah Advanced Driving Assistance System (ADAS) dan kemampuan mengemudi otonomnya, yang menempatkan model ini sebaris dengan kendaraan berteknologi tinggi lainnya.

Leapmotor juga telah mengumumkan rencana untuk meluncurkan model baru dari seri B pada tahun 2025. Diharapkan, model tersebut akan memiliki spesifikasi yang mampu bersaing dengan SUV listrik terkemuka seperti BYD Atto 3 dan MG ZS EV.

BACA JUGA:Eternal Strands: Mengungkap Keajaiban Unreal Engine 5

BACA JUGA:Tantangan Sepeda Motor Listrik Belum Berkembang Pesat di Indonesia

Selain B10, Leapmotor juga memperkenalkan C16, sebuah D-SUV atau crossover yang mampu mengangkut hingga enam penumpang dengan konfigurasi kursi 2+2+2. Salah satu keunggulan utama C16 adalah penggunaan platform silikon karbida (SiC) bertegangan tinggi 800V, yang mendukung pengisian daya cepat hingga 180 kW. 

Proses pengisian daya baterai dari 30% hingga 80% hanya memakan waktu sekitar 15 menit, menjadikannya salah satu kendaraan listrik dengan kemampuan pengisian daya tercepat di kelasnya.

Dengan panjang 4.915 mm dan jarak sumbu roda 2.825 mm, C16 tidak hanya menawarkan kabin yang luas, tetapi juga memungkinkan peningkatan kapasitas bagasi hingga 1.022 liter dengan melipat kursi baris ketiga. 

Kategori :