Petugas Lapas Kayuagung Gagalkan Upaya Penyelundupan Sabu, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Beri Apresiasi

Jumat 18-10-2024,14:00 WIB
Reporter : Dera
Editor : Abidin Riwanto

KAYUAGUNG, PALTV.CO.ID- Petugas Lapas Klas IIB Kayuagung di bawah Kemenkumham Sumsel berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu beserta alat hisapnya yang ditujukan untuk seorang narapidana.

Ini adalah keberhasilan kedua dalam sepekan setelah sebelumnya mereka juga berhasil menghentikan upaya penyelundupan serupa.

Pelaku, AS, langsung diserahkan kepada penyidik Satresnarkoba Polres OKI untuk penyelidikan lebih lanjut. AS, yang merupakan warga Dusun III Desa Celikah, mengaku tidak mengetahui bahwa paket yang dibawanya berisi narkoba.

Dia mengklaim hanya ditawari oleh anggota grup travel untuk mengantarkan paket makanan ke Lapas Kelas IIB Kayuagung untuk seorang narapidana bernama GR.

BACA JUGA:Dari Sampah Menjadi Emas, Inovasi Terbaru yang Mengubah Cara Kita Melihat Limbah

BACA JUGA:Jigra, Kisah Haru Seorang Kakak yang Rela Berkorban untuk Adiknya

Saat tiba di Lapas Kayuagung, AS langsung diperiksa oleh petugas Zulfikar, dan paket tersebut diketahui berisi sabu.

Kepala Satuan Keamanan Lapas Kayuagung, Kgs Muhammad Alfareza, menjelaskan bahwa GR yang sedang menjalani hukuman 7,5 tahun karena kasus narkoba mengakui barang tersebut adalah miliknya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Sumsel, Mulyadi, menginstruksikan agar Lapas Kayuagung memperkuat sinergitas, komunikasi, dan kewaspadaan penjagaan, agar semakin sulit bagi narkoba untuk masuk ke dalam lapas.

Kalapas Kayuagung, Jefri Ginting, juga berencana menambah jumlah petugas dan meningkatkan alat pengamanan di pintu utama.

BACA JUGA: Sejak 2020 Beroperasi, Tarif Tol Terpeka Alami Kenaikan, Berikut Penjelasan Pengelola

BACA JUGA:Mengapa Negara-Negara Arab Tampak Diam Saat Gaza Dibombardir Israel? Ini 5 Alasan Utamanya

Sebelumnya, empat narapidana telah mencoba menyelundupkan narkoba ke dalam Lapas Kayuagung, dengan dua di antaranya telah memasuki tahap P21, sementara dua lainnya masih menunggu proses hukum.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Dr. Ilham Djaya, menyampaikan apresiasinya kepada petugas Lapas Kayuagung atas ketelitian dan kewaspadaan mereka dalam mencegah penyelundupan narkoba.

Ia menegaskan bahwa pengawasan yang ketat akan terus dilakukan untuk memastikan bahwa lingkungan lapas bebas dari narkotika.

Kategori :