Konflik Hukum antara Nintendo dan Pocketpair: Apa Penyebabnya?

Kamis 10-10-2024,19:17 WIB
Reporter : Bagas Bratadiwirja
Editor : Muhadi Syukur

PALTV.CO.ID - Nintendo, raksasa dalam industri game, sedang terlibat dalam sengketa hukum dengan pengembang game Jepang, Pocketpair.

Namun, bukan hak cipta yang menjadi inti masalahnya kali ini. Nintendo menuntut Pocketpair atas dugaan pelanggaran paten terkait mekanisme permainan di game Palworld, terutama dalam penggunaan animasi dan sistem penyimpanan yang mirip dengan Pokéball dalam seri Pokemon.

 

Paten yang Dipermasalahkan

Nintendo mengklaim bahwa Palworld telah melanggar paten mereka yang berkaitan dengan sistem dan animasi tangkap bola dalam game. Paten ini awalnya diajukan di Amerika Serikat pada September 2022 dan diterbitkan pada Juni 2023 dengan nomor publikasi 20230191255.

BACA JUGA:Nintendo Switch 2 akan segera hadir, Ini pernyataan Shuntaro Furukawa Presiden Nintendo

BACA JUGA:Nostalgia Masa Kejayaan: Mengenang Kaset Nintendo 8 Bit dan Permainan Masa Kanak-kanak di Tahun 90-an


Nintendo mengklaim bahwa Palworld telah melanggar paten--Foto : youtube.com/@PlayStation

Sementara itu, versi Jepang dari paten ini (JP2023-92953) diterbitkan pada Juli 2023. Paten ini tampaknya berkaitan erat dengan paten yang diajukan pada 2021 untuk game Pokemon Legends.

Apa yang membuat paten ini unik? Paten tersebut menjelaskan tentang sistem penyimpanan dan animasi di mana pemain melemparkan bola atau dalam hal ini, objek berbentuk bola—ke karakter di dalam game untuk menangkapnya.

Dalam Palworld, mekanisme ini diwakili oleh "pal spheres," yang cara kerjanya sangat mirip dengan Pokéball di game Pokemon.

Pemain melemparkan bola tersebut ke lawan, dan jika berhasil, karakter tersebut akan tertangkap.

BACA JUGA:Kesepakatan Microsoft dengan Nintendo, Call Of Duty Hadir di Perangkat Nintendo

BACA JUGA:Hidup atau Mati? Permainan Kelaparan di Platform 2 Bongkar Sifat Manusia

 

Kategori :