Peningkatan Kinerja Angkutan Penumpang dan Barang Divre III Palembang di Tiga Triwulan 2024

Rabu 09-10-2024,13:37 WIB
Reporter : Firman Hidayat
Editor : Abidin Riwanto

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Selama tiga triwulan pertama tahun 2024, kinerja operasional kereta api

Penumpang dan barang di wilayah Divre III Palembang menunjukkan tren yang positif, terutama dalam angkutan batubara.

Aida Suryanti, Manajer Humas KAI Divre III Palembang, mengungkapkan bahwa saat ini PT KAI Divre III Palembang mengoperasikan beberapa kereta penumpang, seperti KA Bukit Serelo yang melayani

Rute Kertapati-Lubuk Linggau (PP), KA Ekspres Rajabasa untuk rute Kertapati - Tanjung Karang, serta KA komersial Sindang Marga di rute yang sama.

BACA JUGA: Pelepasan 45 Jemaah Umroh Holiday Angkasa Wisata, Terbang Langsung dari Palembang ke Madinah

BACA JUGA:Teknologi Infotainment Mobil Masa Depan, Fitur Canggih untuk Kenyamanan Anda

Hingga triwulan III tahun 2024, total penumpang yang diangkut mencapai 766.062, mengalami peningkatan 12,16% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencatat 682.981 penumpang.

Kenaikan ini menunjukkan kepercayaan masyarakat yang semakin meningkat dalam menggunakan jasa kereta api, sejalan dengan upaya KAI untuk meningkatkan kualitas layanan.

Aida juga menambahkan bahwa untuk angkutan barang, Divre III Palembang mencakup pengangkutan batubara, BBM, pulp, dan barang lainnya, yang juga menunjukkan hasil positif.

Hingga triwulan III, total barang yang diangkut mencapai 21.079.912 ton, naik 6,3% dari 19.815.228 ton pada periode yang sama tahun 2023. 


Aida Suryanti Manager Humas PT KAI Divre III Palembang--Foto : Ekky - PALTV

Angkutan batubara mendominasi volume angkutan barang di Divre III dengan total 20.312.541 ton, diikuti oleh BBM sebanyak 285.387 ton, pulp 384.950 ton, dan barang lainnya 97.304 ton.

Penugasan pemerintah kepada KAI untuk mengangkut batubara dalam memenuhi kebutuhan energi

Nasional untuk daerah Jawa, Bali, dan Sumatera membuat pengangkutan ini semakin penting, termasuk dari PTBA dan mitra swasta di Sumatera Selatan.

Untuk meningkatkan pelayanan dalam angkutan penumpang maupun barang, KAI Divre III terus berupaya untuk memperbaiki mutu layanan agar dapat beroperasi dengan optimal.

Kategori :