Ini 7 Gunung yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Kamis 03-10-2024,22:41 WIB
Reporter : Muhadi Syukur
Editor : Muhadi Syukur

PALTV.CO.ID - Mendaki gunung kini semakin populer di kalangan masyarakat dari berbagai usia. Aktivitas yang dulunya lebih identik dengan komunitas pecinta alam kini banyak dilakukan oleh keluarga, remaja, dan pekerja kantoran.

Hal ini terlihat dari semakin banyaknya video pendakian yang diunggah di media sosial, menunjukkan daya tarik kegiatan ini sebagai pengalaman baru, ajang untuk menikmati keindahan alam, serta cara menghirup udara segar yang jauh dari polusi.

Selain menawarkan pemandangan indah, mendaki gunung juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. National Geographic Indonesia menjelaskan bahwa mendaki gunung dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Aktivitas ini dapat memperbaiki fungsi kardiovaskular, memperkuat otot, serta melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

BACA JUGA:Gunung Marapi Kembali Membuat Kecemasan: Evakuasi dan Upaya Keselamatan Para Pendaki

BACA JUGA:Cerita Mistis di Indonesia: Ungkap Kisah Misteri di Gunung Latimojong, Pendaki Sering Melihat Penampakan


Persiapan Mendaki Gunung--Gambar : freepik.com/wirestock

Menurut Alyson Chun, Asisten Direktur Program Olahraga dan Rekreasi Petualangan di Stanford University, mendaki gunung adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi depresi dan kecemasan berlebihan, karena terhubung dengan rasa kagum terhadap alam.

Bagi yang baru pertama kali mendaki, memilih gunung dengan jalur pendakian yang tidak terlalu sulit bisa menjadi tantangan tersendiri. Berikut adalah tujuh gunung yang cocok bagi pendaki pemula, menawarkan keindahan alam dengan tingkat kesulitan yang relatif ringan.

1. Gunung Pancar, Bogor

Terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Gunung Pancar memiliki ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Letaknya yang dekat dengan Jakarta membuatnya menjadi destinasi favorit bagi pendaki pemula. Kawasan ini dipenuhi oleh pepohonan pinus yang rimbun dan memiliki suhu udara sejuk, sekitar 22-24°C. Selain jalur pendakian yang mudah, Gunung Pancar juga memiliki pemandian air panas dan area perkemahan, menjadikannya lokasi ideal untuk rekreasi.

BACA JUGA:Cerita Mistis di Indonesia: Misteri Gunung Salak serta Tradisi dan Pantangannya bagi Pendaki

BACA JUGA:Tanjakan Hits Gunung Dempo Pagaralam!. Unik, Jadi Buruan Spot Foto Para Pendaki

 

Kategori :