Mengapa AC Mobil Mendadak Tidak Dingin? Inilah Jawabannya!

Selasa 17-09-2024,15:04 WIB
Reporter : Aulia Mabbruka Putri
Editor : Muhadi Syukur

BACA JUGA:Terungkap Rahasia Mengatasi Masalah AC Mobil yang Tidak Dingin: Peran Penting Filter AC!

BACA JUGA:5 Cara Memeriksa AC Mobil Bekas Secara Komprehensif

Akibatnya, suhu udara yang dihasilkan oleh AC tidak akan sedingin biasanya. Selain itu, kondensor yang rusak juga dapat menyebabkan masalah yang sama.

 

3. Kompresor Rusak

Kompresor adalah komponen yang memompa freon ke seluruh sistem AC. Jika kompresor rusak, maka freon tidak akan bersirkulasi dengan baik, dan ini akan menyebabkan AC tidak dingin.

Kerusakan pada kompresor bisa disebabkan oleh keausan komponen internal, overheat, atau karena tidak adanya pelumasan yang cukup pada kompresor.

BACA JUGA:10 Tanda Jika Preon AC Mobil Anda Bocor, Cara Mengatasi Kebocoran Freon Pada Sistem Ac Mobil

BACA JUGA:AC Mobil Tidak Dingin Dan Bau?. Cek Evaporator Dulu, Kemungkinan Bocor Atau Ada Sebab Lain

 

4. Filter Kabin Tersumbat

Filter kabin bertugas menyaring udara yang masuk ke dalam kabin melalui sistem AC. Jika filter kabin kotor atau tersumbat, aliran udara ke dalam kabin akan terhambat, sehingga udara yang dihembuskan oleh AC tidak akan dingin. Biasanya, filter kabin yang tersumbat juga menyebabkan bau tidak sedap di dalam kabin mobil.


Filter Kabin Tersumbat--Foto : freepik.com@freepik

 

5. Kerusakan pada Sistem Kelistrikan

Sistem kelistrikan yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab AC mobil tidak dingin. Misalnya, jika ada kabel yang putus atau sekering yang putus, komponen AC seperti kompresor dan kipas pendingin tidak akan berfungsi dengan baik.

Kategori :