Teknologi Konstruksi Terbaru, Efisiensi dan Keberlanjutan Meningkat Pesat

Selasa 17-09-2024,15:00 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Abidin Riwanto

PALTV.CO.ID- Industri konstruksi telah mengalami transformasi besar berkat inovasi teknologi yang terus berkembang.

Teknologi baru tidak hanya meningkatkan efisiensi dalam proses pembangunan, tetapi juga mendukung keberlanjutan lingkungan, dua elemen kunci yang semakin penting di era modern.

Penggunaan teknologi dalam konstruksi memungkinkan perusahaan untuk menyelesaikan proyek dengan lebih cepat

Teknologi otomatisasi memungkinkan pekerjaan yang dulunya memerlukan banyak tenaga kerja manual kini dapat dilakukan oleh mesin dengan lebih cepat dan lebih presisi.

BACA JUGA:Dirjen Imigrasi Puji Inovasi Layanan Paspor Palembang, Si Ampera Jadi Sorotan Utama

BACA JUGA:Inflasi Bakal Terkerek 3,5 Persen, Jika Pemerintah Batasi BBM Bersubsidi

Misalnya, dalam pembangunan gedung tinggi, robot pengelasan dan pencetakan beton otomatis telah digunakan untuk mempercepat pekerjaan.

Tidak hanya itu, dengan adanya drone yang dilengkapi kamera dan sensor, pengawasan proyek menjadi lebih mudah, memungkinkan manajer proyek memantau perkembangan secara real-time.

Teknologi ini mengurangi risiko kesalahan manusia dan meningkatkan keamanan di lapangan.

Selain otomatisasi, teknologi Building Information Modeling (BIM) telah menjadi alat penting dalam perencanaan dan desain konstruksi.


Mandor sedang melihat cetak biru di lokasi konstruksi-freepik-freepik

BIM memungkinkan para arsitek, insinyur, dan kontraktor untuk bekerja bersama dalam satu platform, mengintegrasikan semua aspek proyek dari desain hingga operasional.

Dengan menggunakan BIM, perubahan desain dapat dilacak dan disesuaikan secara real-time, meminimalkan risiko kesalahan dan mempercepat proses persetujuan proyek.

BIM juga berkontribusi terhadap pengurangan pemborosan material dan tenaga kerja karena setiap elemen konstruksi telah dipetakan dengan detail sejak awal.

Keberlanjutan adalah isu penting lainnya yang kini menjadi fokus utama di industri konstruksi.

Kategori :