Inilah cara mengatasi kipas laptop berisik

Kamis 12-09-2024,09:00 WIB
Reporter : Ersa Nilawati
Editor : Muhadi Syukur

1. Kipas Rusak

Coba ingat kapan terakhir kali kamu membeli laptop tersebut. Jika laptop sudah lebih dari tiga tahun, mungkin kipasnya mulai rusak karena usia penggunaan yang panjang. 

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, komponen kipas bisa mengalami kerusakan seiring berjalannya waktu. Jika laptopmu belum terlalu tua, suara berisik mungkin disebabkan oleh pemasangan kipas yang tidak tepat saat melakukan upgrade atau perbaikan sebelumnya.

2. Kipas Kotor

Kotoran dan debu yang menumpuk pada kipas laptop dapat menyebabkan suara berisik. Debu yang masuk dari celah kecil pada laptop dapat menghambat kinerja kipas, sehingga kipas harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan laptop. 

Ini bisa menyebabkan suara bising yang mengganggu. Jika laptopmu masih dalam masa garansi, bawa ke pusat layanan resmi untuk membersihkannya tanpa menghilangkan garansi.

3. Kipas Bekerja Terlalu Keras

Kadang-kadang kipas laptop menjadi berisik karena harus bekerja lebih keras dari biasanya, terutama saat laptop digunakan untuk tugas-tugas berat seperti bermain game atau rendering grafik. 

Ini menunjukkan bahwa prosesor laptop beroperasi di luar kapasitas normal, menyebabkan suhu meningkat dan kipas berputar lebih cepat. Pastikan untuk menyesuaikan aplikasi yang digunakan dengan spesifikasi laptopmu untuk mengurangi beban kerja prosesor.

BACA JUGA:Huawei MateBook X Pro 2024, Laptop Ultra-Ringan dengan Performanya yang Mengagumkan

BACA JUGA:Infinix GT Gaming Beast: Laptop Gaming dengan Desain Mecha dan Performa Ekstrem

 

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah kipas laptop berisik:

1. Periksa Suhu Laptop

Untuk mengetahui suhu laptopmu secara akurat, gunakan aplikasi pemantau suhu seperti RealTemp. Aplikasi ini memungkinkan kamu melacak suhu prosesor tanpa harus membuka laptop. 

Kategori :