Motor Mogok? Jangan Panik, Simak Tips Ini!

Minggu 01-09-2024,13:24 WIB
Reporter : Ersa Nilawati
Editor : Abidin Riwanto

- Koil Pengapian:Koil pengapian yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan motor mati. Periksa kondisi koil dan ganti jika diperlukan.

3. Periksa Sistem Pendinginan

Sistem pendinginan yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan mesin overheat dan motor mati di jalan. Periksa beberapa hal berikut:


alat kunci motor di bengkel yang lengkap-freepik-freepik

- Cairan Pendingin:Pastikan cairan pendingin (coolant) pada sistem pendinginan cukup. Tambahkan cairan pendingin jika levelnya rendah.

- Kipas Pendingin:Periksa apakah kipas pendingin berfungsi dengan baik. Kipas yang tidak berfungsi dapat menyebabkan mesin menjadi terlalu panas.

- Radiator:Cek radiator untuk memastikan tidak ada kebocoran atau penyumbatan yang menghambat aliran cairan pendingin.

4. Periksa Sistem Transmisi

Masalah pada sistem transmisi juga bisa menyebabkan motor matic mati mendadak. Beberapa hal yang perlu diperiksa adalah:

BACA JUGA: Ungu Memukau, Elegansi Maksimal Vivo Indonesia Hadirkan Warna Chrome Purple Terbaru

BACA JUGA:Ford Mundur Dari EV dan Mengatakan Hibrida Adalah Masa Depan

- Oli Transmisi:Pastikan oli transmisi dalam kondisi baik dan tidak kekuranganAnda bisa mengganti oli sesuai dengan rekomendasi kendaraan bermotor Anda.

- Tuas Transmisi:Periksa tuas transmisi untuk memastikan tidak ada kerusakan atau masalah mekanis yang mengganggu pergerakan transmisi.

5. Cek Kondisi Aki

Aki yang sudah lemah atau tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk motor mati mendadak. Periksa beberapa hal berikut:

- Aki:Pastikan aki Anda dalam kondisi baik dan layak digunakan lalu memiliki tegangan yang cukup baik. Gantilah aki jika sudah tua atau tidak berfungsi dengan baik.

Kategori :