Nvidia Semakin Superior, Menguasai 88 Persen Pasar GPU PC.

Sabtu 31-08-2024,06:53 WIB
Reporter : adie
Editor : Hanida Syafrina

Namun, angka ini terus menurun hingga hanya 1 persen di kuartal keempat tahun yang sama. Pada kuartal pertama tahun 2024, JPR melaporkan bahwa pangsa pasar Intel sudah kembali turun dan tercatat 0 persen.

Penurunan ini diduga akibat tidak adanya peluncuran GPU baru dari Intel selama tahun 2023. Namun, kabarnya Intel akan kembali mencoba peruntungan di pasar GPU dengan meluncurkan GPU Arc Battlemage generasi kedua pada tahun ini.

BACA JUGA:Hybrid vs Plug-in Hybrid, Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?

Presiden dari lembaga riset Jon Peddie Research menjelaskan bahwa pasar GPU sempat mengalami gangguan akibat resesi pada tahun 2007-2008.


Nvidia, semakin memperkokoh dominasinya di pasar unit pengolah grafis (GPU) --

Setelah itu, pasar tidak pernah sepenuhnya pulih karena adanya booming kripto, pandemi COVID-19, dan perang Rusia-Ukraina.

Pada tahun 2023, kami melihat empat kuartal dengan pertumbuhan yang baik, dan ketika kuartal pertama 2024 turun sedikit, tidak ada yang panik, karena ini terlihat seperti kembalinya musiman, sebab Q1 selalu datar hingga turun, ujar Peddie.

Lebih lanjut, JPR pun memproyeksikan adanya pertumbuhan pasar GPU pada kuartal kedua 2024, yang sebagian besarnya didorong oleh meningkatnya permintaan untuk sistem pelatihan kecerdasan buatan (AI).

BACA JUGA:Menyelami Dunia Natlan di Genshin Impact Versi 5.0: Karakter Baru dan Fitur Menarik!

BACA JUGA:Anda Pasti Tak Akan Menyangka Fitur Canggih di Hatchback Terbaru Ini!

Jadi, untuk kuartal kedua, kami memperkirakan akan melihat GPU untuk gaming yang stagnan hingga cenderung rendah dan meningkatnya pengiriman GPU terjadi untuk pelatihan AI, tambah Peddie.

Dominasi Nvidia di pasar GPU PC ini menunjukkan betapa kuatnya posisi perusahaan dalam industri teknologi, terutama dalam pengembangan dan distribusi GPU.

Kenaikan yang signifikan dalam pengiriman GPU Nvidia dari tahun ke tahun mencerminkan inovasi yang berkelanjutan dan respons positif dari konsumen.

Sementara itu, pesaing seperti AMD dan Intel harus berusaha lebih keras untuk merebut kembali pangsa pasar yang hilang. Dengan peluncuran produk baru dan inovasi teknologi, persaingan di pasar GPU PC diharapkan akan semakin menarik dan dinamis ke depannya.

Kategori :