Suara Kipas Laptop Keras? Temukan Penyebab dan Solusinya

Selasa 20-08-2024,18:44 WIB
Reporter : Aulia Mabbruka Putri
Editor : Muhadi Syukur

Ventilasi udara Tersumbat

Penyebab: Ventilasi udara yang tersumbat dapat membuat kipas laptop berisik karena aliran udara yang seharusnya mendinginkan komponen-komponen internal menjadi terhambat.

Solusi: Menjaga ventilasi udara laptop tetap bersih dan bebas dari kotoran sangat penting untuk memastikan kipas bekerja secara efisien dan tidak mengeluarkan suara berisik yang mengganggu.

 

Masalah pada Perangkat Lunak Pengontrol Kipas

Penyebab: Masalah pada perangkat lunak pengontrol kipas (fan controller software) dapat menyebabkan kipas laptop berisik karena perangkat lunak ini bertanggung jawab untuk mengatur kecepatan kipas berdasarkan suhu internal laptop. 

Jika perangkat lunak ini tidak berfungsi dengan baik, akan terjadi beberapa masalah diantaranya Pengaturan Kecepatan yang Salah, Kesalahan Sensor Suhu, dan terjadinya Bug.

BACA JUGA:Cara Memilih Gaming Laptop yang Cocok untuk Anda

BACA JUGA:Suara Speaker Laptop Sering Pecah? Ini 7 Kebiasaan yang Harus Dihentikan!

 

Solusi: 

Perbarui Perangkat Lunak dengan memastikan perangkat lunak pengontrol kipas dan BIOS laptop Anda selalu diperbarui ke versi terbaru. 

Atur Ulang Pengaturan Kipas melalui perangkat lunak pengontrol kipas. Beberapa laptop menyediakan opsi di BIOS untuk mengatur kembali pengaturan kipas ke kondisi default.

Instal Ulang Perangkat Lunak pengontrol kipas. Ini dapat memperbaiki file yang rusak atau pengaturan yang salah.

Gunakan Perangkat Lunak Pihak Ketiga seperti SpeedFan atau HWMonitor yang dapat membantu, memantau dan mengontrol kecepatan kipas jika perangkat lunak bawaan mengalami masalah.

BACA JUGA:Kelebihan Memiliki Laptop Tipis Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Kenyamanan

Kategori :