Pemkab Banyuasin Gandeng Kabupaten Brebes untuk Tingkatkan Produksi Bawang Merah

Selasa 13-08-2024,18:01 WIB
Reporter : Suryadi
Editor : Devi Setiawan

BREBES, PALTV.CO.ID - Dalam upaya meningkatkan produksi bawang merah di wilayah Kabupaten Banyuasin, Pemerintah Kabupaten Banyuasin telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Brebes, di Alun-alun Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada hari Jum’at, 9 Agustus 2024 lalu.

Kesepakatan ini bertujuan untuk mengembangkan budidaya bawang merah di Banyuasin dengan mengadopsi metode yang digunakan di Brebes, yang dikenal sebagai salah satu penghasil bawang merah terbesar dan terbaik di Indonesia.

Sarip, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banyuasin, menyatakan bahwa kerjasama ini diharapkan dapat membantu Banyuasin meningkatkan hasil produksi bawang merahnya.

"Tujuan dari MoU ini agar hasil produksi bawang merah di Banyuasin bisa meningkat seperti di Brebes," ujarnya.

BACA JUGA:Diduga Korsleting Listrik, Toko Sandal dan Keramik di Kecamatan Gandus Kebakaran

BACA JUGA:Tolak Berdamai, Keluarga Korban Malapraktik Oknum Bidan di Palembang Masih Tempuh Jalur Hukum


Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pemkab Banyuasin dan Pemkab Brebes terkait budidaya komoditas bawang merah di Kabupaten Banyuasin, Jum’at (9/8/2024)--Dokumentasi Diskominfo Banyuasin

Kabupaten Brebes selama ini dikenal dengan kualitas dan kuantitas produksi bawang merahnya, yang tidak hanya memenuhi kebutuhan nasional tetapi juga diekspor ke berbagai negara, termasuk Malaysia.

"Kualitas bawang merah Brebes itu terbaik," tambah Sarip.

Kabupaten Banyuasin memiliki potensi wilayah yang luas dan kondisi geografis yang mirip dengan Brebes, termasuk jenis tanah yang mendukung budidaya bawang merah.

"Melihat hal itu, kita optimis ke depannya bisa menyamai Brebes," ungkapnya dengan penuh keyakinan.

BACA JUGA: Kadis dan Kabid Dinas ESDM Sumsel Diperiksa Kejati Terkait Izin Usaha Pertambangan Batu Bara Rp555 Miliar

BACA JUGA:PWI Sumsel Bentuk Mappilu, Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pilkada Serentak 2024

Tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) di Banyuasin agar mampu menerapkan teknik budidaya yang tepat.

Sebagai bagian dari MoU ini, Pemkab Brebes akan memberikan pelatihan kepada petani di Banyuasin, mulai dari teknik penanaman hingga panen bawang merah.

Kategori :