Ingin Mobil Awet? Lakukan 5 Hal Ini pada Mesin Mobil Anda

Jumat 09-08-2024,06:59 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Abidin Riwanto


Pria melakukan perawatan pada mesin -gratispik-freepik

Pastikan juga untuk menjaga kebersihan sistem bahan bakar. Endapan dan kotoran dalam tangki bahan bakar dapat menyebabkan penyumbatan pada injektor dan mengurangi efisiensi mesin.

Gunakan aditif bahan bakar yang direkomendasikan untuk membersihkan sistem bahan bakar dan hindari menggunakan bahan bakar yang berkualitas rendah.

Selain itu, periksa dan ganti filter bahan bakar secara berkala untuk memastikan aliran bahan bakar yang bersih dan lancar ke mesin.

Perhatikan juga kondisi tali kipas dan selang-selang mesin. Tali kipas yang aus atau selang yang bocor dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin.

BACA JUGA:Potensi Resesi Amerika Serikat dan Dampaknya bagi Ekonomi Indonesia

BACA JUGA:Ancaman Resesi di Amerika Serikat, Peluang Positif bagi Bursa dan Pasar Keuangan Indonesia

Periksa kondisi tali kipas dan selang secara berkala, dan ganti jika terlihat ada kerusakan atau keausan. Ini akan mencegah masalah yang lebih besar dan menjaga mesin tetap berjalan dengan baik.

Jangan lupa untuk memanaskan mesin sebelum digunakan. Memanaskan mesin selama beberapa menit sebelum berkendara dapat membantu oli mengalir dengan baik ke seluruh bagian mesin dan memastikan semua komponen dalam kondisi siap bekerja.

Ini sangat penting terutama saat cuaca dingin, untuk mencegah kerusakan pada komponen mesin akibat perubahan suhu yang drastis.

Selain itu, hindari kebiasaan mengemudi yang dapat merusak mesin. Mengemudi dengan agresif, seperti sering menginjak pedal gas secara tiba-tiba atau mengerem mendadak, dapat menyebabkan keausan pada mesin dan komponen lainnya.

BACA JUGA:Inilah Waktu-waktu yang Tidak Dianjurkan untuk Tidur dalam Islam

BACA JUGA:Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya Siapkan Peresmian Kantor Imigrasi di Lubuk Linggau

Cobalah untuk mengemudi dengan halus dan menjaga kecepatan yang stabil untuk memperpanjang umur mesin.

Terakhir, lakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Teknisi yang berpengalaman dapat melakukan pengecekan menyeluruh pada mesin dan komponen lainnya, serta mendeteksi masalah lebih awal sebelum menjadi kerusakan yang lebih parah.

Selain itu, bengkel resmi biasanya menggunakan suku cadang asli yang sesuai dengan spesifikasi pabrikan, sehingga menjamin kualitas dan kinerja mesin tetap optimal.

Kategori :