Waspadalah dengan Ujub! Salah Satu Sifat Tercela yang Sangat Berbahaya dalam Pandangan Islam

Rabu 07-08-2024,06:13 WIB
Reporter : Angga Pranando
Editor : Devi Setiawan

PALTV.CO.ID - Ujub atau perasaan kagum terhadap diri sendiri, merupakan sifat tercela yang sangat berbahaya dalam Islam dan harus diwaspadai.

Ujub merupakan salah satu penyakit hati yang dapat merusak amal ibadah dan membawa seseorang pada kesombongan. 

Ujub bisa diartikan sebagai sifat terlalu membanggakan diri sendiri, sampai memberikan apresiasi yang berlebihan terhadap kemampuan diri sendiri. 

Terkadang sifat ujub ini seringkali tidak disadari ada pada diri seseorang. Sehingga sebagai seorang muslim haruslah waspada terhadap setiap perbuatan kita apakah ada unsur ujub di dalamnya.

BACA JUGA:Belum Ada Kata Terlambat, Memahami Makna Hijrah yang Sebenarnya dalam Islam

BACA JUGA: PALTV Gelar Pengajian Bulanan Serta Tausiyah Agama

Pengertian Ujub

Asal usul kata ujub berasal dari kata 'ajaba yang artinya kagum, terheran-heran atau pun takjub terhadap diri sendiri.

Ujub adalah sifat yang membuat kita cenderung berlebihan dalam membanggakan diri dan lupa bahwa semua kelebihan yang kita miliki adalah anugerah dari Allah SWT. 

Salah satu contoh sifat ujub yang ada di diri seorang muslim yaitu ketika seseorang mengagung-agungkan amalannya sendiri, sementara amal orang lain dianggap sebelah mata.

BACA JUGA:Benarkah Menikah di Bulan Muharram Membawa Sial? Simak Penjelasannya Menurut Pandangan Islam

BACA JUGA:Kisah Dibalik Hari Asyura: Nabi Musa AS Membelah Lautan dan Tenggelamnya Firaun


Ujub adalah sifat yang membuat manusia cenderung berlebihan dalam membanggakan diri dan lupa bahwa semua kelebihan yang kita miliki adalah anugerah dari Allah SWT.--freepik.com/@Racool_studio

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh at-Thabrani, disebutkan bahwa ujub termasuk di antara tiga perbuatan yang dapat merusak seseorang. Sebagaimana rasulullah SAW bersabda:

"Tiga perkara yang membinasakan (merusak), rasa pelit yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti, dan ujubnya seseorang terhadap diri sendiri." (HR. at-Thabrani) 

Kategori :