Pengalaman Touring Yamaha Nmax Turbo: Efisiensi BBM dalam Perjalanan Jauh

Kamis 01-08-2024,11:16 WIB
Reporter : Ersanilawati
Editor : Muhadi Syukur

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Yamaha Nmax Turbo kini hadir di Indonesia dengan peningkatan tenaga yang signifikan dengan peluncuran ini, bagaimana performa konsumsi bahan bakarnya saat digunakan untuk touring?

Kami mendapatkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan tersebut dalam acara Tour Boemi Nusantara yang diselenggarakan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). 

Etape pertama dari perjalanan ini membawa kami dari Jakarta menuju Yogyakarta.

Perjalanan pertama dimulai dari Yamaha Flagship Store (FSS) di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, menuju Metland Hotel di Cirebon, Jawa Barat, yang menempuh jarak sekitar 244,6 kilometer. 

BACA JUGA:Yamaha NMAX Turbo vs Honda PCX 160: Adu Desain dan Fitur, Pilih yang Mana?

YECVT pada Nmax Turbo memberikan pengalaman berkendara yang berbeda. Sistem ini menggantikan mekanisme CVT tradisional dengan teknologi yang lebih canggih, serta dilengkapi dengan Y-Shift. 

Y-Shift ini dirancang untuk memberikan sensasi berkendara seperti turbo dengan tiga tingkat akselerasi: Low (1), Medium (2), dan High (3). Selain itu, ada dua mode berkendara yang tersedia: Town dan Sport.

Mode Town dirancang untuk berkendara di daerah padat, menawarkan tenaga yang lembut namun tetap cukup bertenaga. 

Sebaliknya, mode Sport memberikan performa yang lebih agresif, ideal untuk cruising di jalan-jalan panjang dan sepi seperti Pantai Utara. Selama perjalanan, saya lebih banyak menggunakan mode Sport untuk merasakan performa yang lebih dinamis dan agresif.

BACA JUGA:Yamaha NMax Turbo Terjual 2000 Unit Dalam Waktu Singkat

Y-Shift sangat bermanfaat saat saya ingin menambah tenaga atau melakukan deselerasi. Saat harus menyalip kendaraan besar seperti truk, fitur ini memberikan dorongan tenaga yang terasa signifikan dengan hanya menekan tombol Y-Shift. 

Selain itu, Y-Shift juga efektif saat menghadapi turunan atau tikungan, memperkuat efek deselerasi pada mode Sport.

Dari segi spesifikasi, Yamaha Nmax Turbo mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW (15,1 hp) pada 8.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm pada 6.500 rpm. 

Sebagai perbandingan, model Nmax sebelumnya memproduksi tenaga maksimal sebesar 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi 13,9 Nm pada 6.500 rpm, menunjukkan peningkatan torsi sekitar 0,3 Nm. Mesin terbaru ini juga dipakai pada Yamaha Lexi LX 155.

BACA JUGA:Resmi Dirilis, Harga Yamaha NMax 'Turbo' Baru Akan Mencapai Rp45 Jutaan

Kategori :