Transformasi Kreatif, Honda N-VAN EV Prototype Jadi Kedai Kopi Bergerak

Senin 29-07-2024,06:30 WIB
Reporter : said prakata
Editor : Hanida Syafrina

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Honda N-VAN EV Prototype merupakan mobil listrik berbasis van kecil yang dirancang untuk keperluan komersial.

Di Indonesia, kreativitas modifikator lokal berhasil mengubah kendaraan ini menjadi kedai kopi bergerak yang menarik. Mobil konsep yang diberi nama Honda Dreams Cafe Mobile ini merupakan hasil kolaborasi antara Honda Prospect Motor (HPM), Karoseri V-Clas dan Dua Coffee.

Proses transformasi ini menggunakan N-VAN EV Prototype sebagai dasarnya.

Mobil ini dimodifikasi khusus oleh Karoseri V-Clas, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur bodi mobil, terutama untuk kendaraan niaga. Hasilnya adalah sebuah kedai kopi berjalan yang memadukan inovasi teknologi dan kreativitas desain.

BACA JUGA:Penghapusan Jurusan Sebagai Persiapan Pelajar SMA Menuju Perguruan Tinggi

Pada bagian eksterior, modifikasi mencakup penambahan kanopi di atap untuk melindungi area pelayanan dari cuaca, serta lampu untuk penerangan area luar mobil.

Selain itu, disediakan kursi dan meja portabel yang dapat digunakan pelanggan untuk menikmati kopi di tempat. Desain eksterior juga dilengkapi dengan stiker berwarna merah dan hitam yang mencerminkan identitas Dreams Café, serta elemen dekoratif seperti ikon gelas kopi, biji kopi, dan kabel listrik yang melambangkan integrasi antara konsep kafe dan mobil listrik.

Masuk ke dalam mobil, area interior diubah menjadi dapur mini yang lengkap. Terdapat mesin espresso, pendingin minuman, ruang penyimpanan bahan makanan, dan area untuk peralatan lainnya.

Semua ini dirancang agar barista dapat bekerja dengan efisien dan nyaman, meskipun dalam ruang yang terbatas. Modifikasi ini memungkinkan mobil untuk melayani pelanggan di berbagai lokasi strategis seperti Car Free Day, taman kota, acara komunitas, dan berbagai acara lainnya.

BACA JUGA:Peresmian Gedung Konveksi Lapas Kelas IIA Banyuasin Sebagai Wujud Pembinaan Kemandirian WBP

Salah satu keunggulan dari Honda Dreams Cafe Mobile adalah sumber daya listriknya yang efisien dan ramah lingkungan.

Seluruh operasional kafe ini didukung oleh Honda Power Exporter e: 6000. Alat ini merupakan perangkat keluaran daya eksternal yang dapat mengubah daya baterai mobil menjadi listrik Alternating Current (AC), sehingga dapat digunakan untuk mengoperasikan berbagai peralatan elektronik yang diperlukan dalam operasional kafe.

Dengan ini, mobil tidak hanya ramah lingkungan karena menggunakan tenaga listrik, tetapi juga mandiri dalam hal pasokan energi.

Direktur Karoseri V-Clas, Zain Johansyah, mengungkapkan kebanggaannya terhadap proyek ini dalam acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

BACA JUGA:Melesatnya Industri Alat Angkut Indonesia 2024: Kontribusi Besar dan Tantangan yang Harus Dihadapi

Kategori :