Audi A4 Resmi Berhenti, Sambutlah Audi A5 yang Baru

Kamis 18-07-2024,07:51 WIB
Reporter : ahmad afif
Editor : Hanida Syafrina

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Setelah tiga dekade menjadi andalan dalam jajaran mobil eksekutif kecil dari Audi, Model audi A4 resmi dihentikan produksinya.

Sebagai gantinya, Audi A5—yang sebelumnya dikenal sebagai coupe dengan gaya yang ciamik—kini hadir sebagai sedan berbahan bakar bensin untuk para manajer menengah di seluruh dunia.

Mengapa A4 dihentikan? Meskipun A4 tidak benar-benar "mati," Audi telah memutuskan bahwa mobil dengan nomor genap akan beralih ke listrik, sementara mobil dengan nomor ganjil akan tetap menggunakan bahan bakar fosil.

Audi A5 yang baru hadir dengan tampilan segar, teknologi terbaru, dan sepasang mesin bensin yang dirancang untuk memenuhi berbagai anggaran. Model dasar dilengkapi dengan mesin 2.0-liter empat silinder turbocharged yang menghasilkan tenaga 268 hp dan disalurkan ke semua roda melalui transmisi dual-clutch tujuh percepatan.

BACA JUGA:Royal Enfield Luncurkan Dua Motor Baru di GIIAS 2024

Geometri turbin variabel pada turbocharger meningkatkan efisiensi mesin, meskipun angka konsumsi bahan bakar masih belum tersedia.

Bagi yang menyukai performa, S5 hadir dengan mesin V6 3.0-liter turbocharged yang menghasilkan tenaga 362 hp dan disalurkan ke semua roda melalui transmisi dual-clutch tujuh percepatan—pertama kalinya Audi menggunakan transmisi ini pada S5. Sistem penggerak semua roda Quattro dilengkapi dengan diferensial sport Quattro dengan torque vectoring.

Audi mengklaim telah melakukan "pekerjaan detail ekstensif pada suspensi dan kemudi" A5 dan S5. Anda dapat memilih peredam adaptif yang memungkinkan Anda menyesuaikan pengendaraan sesuai keinginan.

Di AS, A5 dan S5 akan tersedia dalam satu gaya bodi sedan. Di luar AS, akan ada versi Avant wagon dari masing-masing, tetapi tidak ada rencana untuk coupe atau konvertibel.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Jauh JD Vance, Calon Wapres Amerika Serikat Pendamping Donald Trump

Ini adalah salah satu dari banyak mobil pertama yang menggunakan arsitektur Premium Platform Combustion terbaru dari Audi, yang diatur untuk penggerak depan atau semua roda, serta mesin bensin atau hybrid.

Audi A5 yang baru lebih besar meskipun tidak seanggun A5 Sportback lama. Bagian depan dihiasi dengan gril lebar yang diapit oleh ventilasi besar, dan bagian belakang memiliki knalpot yang semuanya asli. Generasi terakhir Ford Focus mungkin ingin berbicara tentang desain hidung ini…

Dengan eksterior baru hadir pula teknologi eksterior baru. Dalam hal ini, lampu siang hari LED menerangi bagian depan, sementara OLED generasi kedua menerangi bagian belakang. Efek pencahayaan dinamis tersedia, dengan hingga delapan opsi yang dapat disesuaikan.

Di Eropa, pencahayaan ini dapat disesuaikan saat berkendara, tetapi peraturan di AS mengharuskan Anda melakukan perubahan pencahayaan saat kendaraan berhenti.

BACA JUGA:Puluhan Pegawai Kejari Musi Banyuasin Periksa Urine Sebagai Komitmen ASN Kejaksaan Terbebas dari Narkoba

Kategori :