Ingin Email Bebas Gangguan? Simak Pentingnya Server Email!

Senin 15-07-2024,14:19 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Abidin Riwanto

Dengan cara kerja yang kompleks, tentu ada fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh user. Berikut adalah beberapa fungsi tersebut:

BACA JUGA:Penurunan Transaksi di Mesin ATM: Apakah Ini Pertanda Perubahan?

1. Menjaga keamanan email dari virus dan malware

Adanya fitur keamanan tambahan seperti DMARC memungkinkan sistem Anda akan terhindar dari serangan spoofing dan phising. Adanya serangan tersebut tentu akan berakibat buruk pada keamanan data atau pesan. Terlebih jika informasi yang terkandung di dalamnya merupakan pesan penting dan rahasia.

Lebih lanjut, agar Anda bisa mengembalikan data jika terserang oleh peretas, lakukan backup data yang disimpan di server berbeda.

2. Data privasi lebih terjamin keamanannya

Jika Anda memiliki mail server sendiri, Anda bisa mengatur dan menyaring pesan atau iklan apa saja yang bisa diterima. Dengan begitu, pihak luar tidak bisa sembarangan memasang iklan atau tautan yang bisa berujung ke pencurian data privat. 

Peran Mail Server dalam Bisnis

Mail server juga berperan besar dalam keberjalanan operasional bisnis yang bisa Anda simak pada penjelasan berikut ini: 

1. Setiap karyawan bisa memiliki email bisnis

Dengan memiliki mail server sendiri, perusahaan Anda akan memiliki disk space atau ruang penyimpanan yang lebih besar dibandingkan email gratis. 

Dengan kata lain, komunikasi antar-karyawan dan klien bisa lebih mudah dan efektif dengan adanya alamat email yang dimiliki bersama. 

2. Kolaborasi dalam proyek

Sistem ini memungkinkan karyawan untuk berkolaborasi dalam proyek dengan berbagi dokumen dan folder melalui email yang sudah terintegrasi. 

Jadi, sistem Ini bisa sangat membantu ketika karyawan bekerja dari jarak jauh atau work from home. 

Demikianlah penjelasan lengkap seputar mail server. Sistem ini bisa bantu proses operasional dan komunikasi bisnis berjalan lebih efektif dan efisien. 

Kategori :