Kernet Speedboat 'Semoga Jaya' Jatuh dan Hilang di Sungai Musi, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

Senin 08-07-2024,17:32 WIB
Reporter : Mulyadi
Editor : Devi Setiawan

BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Tim SAR gabungan melakukan pencarian terhadap kernet Speedboat Semoga Jaya yang diduga hilang di perairan Sungai Musi, tepatnya di sekitaran Mariana Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan pada Sabtu sore, 6 Juli 2024 sekitar pukul 16:00 WIB.

Mendapatkan informasi adanya orang hilang tersebut, Basarnas Palembang langsung menerjunkan tim untuk melakukan pencarian terhadap korban.

"Guna melakukan pencarian korban, satu Tim Rescue dan satu Tim ABK KN SAR air menuju ke lokasi," ujar Kepala Basarnas Palembang Raymond pada pada hari Senin, 8 Juli 2024.

Kejadian bermula saat Speedboat Semoga Jaya yang dinakhodai oleh Ansori, berangkat dari Dermaga Tugu Belido BKB Palembang menuju ke PT OKI Pulo Sei Baung dengan membawa 20 orang penumpang dan satu orang kernet bernama Zamani (34).

BACA JUGA:Membangun Harapan, Pemuda Inspiratif di Balik Pusat Rehabilitasi, Mendirikan Yayasan Cahaya Putra Tunggal


Basarnas Palembang menerjunkan tim untuk melakukan pencarian korban, Sabtu (6/7/2024).--Dokumentasi Basarnas Palembang

Setelah sekitar 30 menit perjalanan, speedboat berlabuh di rumah rakit di kawasan Mariana Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin untuk membeli BBM.

"Saat membeli BBM, nakhoda mencari kernetnya namun dicari ke seluruh bagian speedboat korban tidak kunjung ditemukan. Diduga kuat korban terjatuh ke sungai di perjalanan," kata Raymond.

Pencarian dilakukan bersama potensi SAR lainnya seperti TNI AL, Ditpolairud Polda Sumsel, KPLP, pihak speedboat dan masyarakat. Metode pencarian dengan membagi Tim SAR gabungan menjadi dua.

Tim 1 melakukan pencarian dengan cara penyisiran permukaan air menggunakan perahu karet dan perahu masyarakat, dengan luas area pencarian 3 NM² ke arah timur.

BACA JUGA:Rancangan Proyek Perubahan BEGANCANG BANYUASIN, Meningkatkan Kinerja Sekretariat DPRD Kabupaten Banyuasin


Metode pencarian dengan membagi Tim SAR gabungan menjadi dua, Sabtu (6/7/2024).--Dokumentasi Basarnas Palembang

Sedangkan Tim 2 melakukan pencarian dengan menggunakan Kapal RIB dengan luas area pencarian hingga radius 11 NM² ke arah timur laut dan melakukan penyebaran informasi kepada masyarakat di sepanjang pesisir Sungai Musi.*

Kategori :