Motor Hybrid Terhemat di Dunia Dirilis Minggu Ini, Dapat Menggunakan Bensin dan Gas

Selasa 09-07-2024,16:15 WIB
Reporter : sandi ardiansyah
Editor : Hanida Syafrina

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Dalam menyongsong era ramah lingkungan, berbagai upaya dilakukan oleh produsen kendaraan untuk beradaptasi dengan teknologi terbaru. Salah satu cara yang cukup populer adalah menggabungkan dua sumber tenaga  yaitu mesin pembakaran internal dengan motor listrik berbasis baterai.

Kendaraan yang menggunakan dua sumber energi ini dikenal sebagai hybrid. Biasanya, teknologi hybrid diterapkan pada mobil dengan mengkombinasikan mesin bensin, motor listrik, dan baterai yang bekerja secara bersamaan dalam sistem paralel atau seri.

Selain itu, terdapat juga teknologi mild hybrid yang masuk dalam kategori hybrid ringan. Pada teknologi ini, sumber tenaga utama tetap berasal dari mesin bensin, namun ada tambahan tenaga listrik yang membantu mengurangi konsumsi bahan bakar saat kondisi stop and go.

Ada juga jenis hybrid lainnya di mana mesin bensin berfungsi sebagai generator yang mengisi baterai, sementara roda digerakkan oleh motor listrik.

BACA JUGA:Mengembangkan Bakat dan Karakter Putra-Putri Nusantara untuk Sumatera Selatan yang Berbudaya

Baru-baru ini, salah satu produsen dari India, yaitu Bajaj Auto, mengumumkan akan meluncurkan sepeda motor hybrid pertama di dunia yang menggunakan dua bahan bakar berbeda, yaitu gas dan bensin.

Teknologi ini sebenarnya bukan hal baru di dunia otomotif, karena sebelumnya sudah diterapkan pada beberapa taksi Bluebird yang menggunakan Avanza Transmover. Dengan teknologi tersebut, mobil MPV rendah tersebut dapat beroperasi dengan bahan bakar bensin atau gas.

Melalui teaser di situs resmi Bajaj Auto, pada Jumat 5 Juli 2024, mereka akan meluncurkan motor hybrid terbarunya secara global. Diklaim sebagai motor paling hemat di dunia, motor ini menggunakan bahan bakar bensin serta gas alam terkompresi atau CNG.

Dalam cuplikan produk barunya tersebut, Bajaj menyebut motor hybrid ini sebagai Freedom 125.

BACA JUGA:5 Juli 2024 PUBG Mobile Rilis Setelan Ultimate PDP Terbaru, Inferno Fiend Set Mummy Fire

Motor ini dilengkapi dengan fitur pergantian bahan bakar yang dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menekan tombol di setangnya.

Kode 125 pada nama motor ini diduga merujuk pada kapasitas mesinnya, sehingga motor ini diharapkan menjadi motor dengan harga terjangkau dan hemat bahan bakar.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, termasuk Paultan.org, Freedom 125 bukanlah motor matik, melainkan motor sport telanjang atau naked bike.

Motor dengan dua sumber bahan bakar ini memiliki desain klasik dengan lampu depan bulat, jok panjang, dan tenaga yang dihasilkan diperkirakan mencapai 10 dk saat menggunakan bensin, namun sedikit berkurang saat menggunakan gas.

BACA JUGA:Lakukan Ini Saat Start-Stop Button Mobil Kamu Tidak Berfungsi

Kategori :