Airmen Lanud SMH Palembang Bantu Kirimkan 1 Ton Buku ke Pondok Baca Biak Papua

Sabtu 06-07-2024,15:00 WIB
Reporter : Juliadi
Editor : Abidin Riwanto

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Dalam upaya meningkatkan literasi di daerah terpencil, Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang mengambil langkah nyata dengan mengirimkan ribuan buku pelajaran ke Pondok Baca Airmen Wawasya Padwa di Biak, Papua. 

Pengiriman ini dilakukan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara CN A-2909 dari Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, bertempat di apron Alpha Lanud SMH.

Gerakan sosial yang diinisiasi oleh para pemuda di Palembang telah melahirkan sebuah kegiatan mulia berupa pendirian pondok baca untuk saudara-saudara kita di Papua. Kegiatan ini berfokus pada pengumpulan dan penyebaran buku-buku yang bertujuan untuk meningkatkan literasi di Papua.

Namun, upaya tersebut tidak akan berhasil tanpa bantuan dari TNI AU dari Pangkalan Udara Sri Mulyono Herlambang di Palembang.

Di bawah komando Kolonel Pnb Rizaldy Efranza, ST., M.N.S.S., TNI AU berhasil menyalurkan buku-buku tersebut, dengan berat mencapai 1 ton, langsung dari Palembang ke Papua. Gerakan ini menunjukkan semangat gotong royong dan kepedulian sosial dalam memajukan pendidikan di tanah air.

BACA JUGA:Mengembangkan Bakat dan Karakter Putra-Putri Nusantara untuk Sumatera Selatan yang Berbudaya

Komandan Lanud SMH Palembang, Kolonel Pnb Rizaldy Efranza, S.T, M.N.S.S., menyampaikan bahwa pihaknya siap mendukung pengiriman buku-buku tersebut sebagai bagian dari upaya memperluas akses pendidikan bagi anak-anak di Biak.

"Lanud SMH dengan bangga mendukung pengiriman ribuan buku pelajaran ini. Kami berharap buku-buku ini akan membantu meningkatkan pengetahuan dan wawasan anak-anak di Biak," ujar Kolonel Rizaldy.

Inisiatif pengiriman buku ini dipelopori oleh Sarah Wazir, seorang aktivis dan socialpreneur yang berperan penting dalam mengumpulkan buku-buku di Sumatera Selatan. Sarah mengucapkan terima kasih kepada TNI Angkatan Udara, khususnya Lanud SMH Palembang, atas bantuan yang diberikan dalam pengiriman buku-buku tersebut.

"Terima kasih TNI AU atas dukungan yang luar biasa ini. Semoga buku-buku ini bermanfaat bagi anak-anak di Biak," ucap Sarah dengan penuh haru.


Airmen Lanud SMH Palembang Bantu Kirimkan 1 Ton Buku ke Pondok Baca Biak Papua-Foto/Juliadi-PALTV

Buku-buku yang dikirimkan tersebut terkumpul berkat kerja sama antara Komunitas Buku Linda Palembang dan Sekolah SMA Metodist 4 Banyuasin Sumsel. Kerja sama ini bertujuan untuk menyediakan bahan bacaan bagi pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA di daerah Biak-Papua.

Letnan Kolonel Adm Mujiono, S.T., Kepala Dinas Personel Lanud SMH, menyatakan bahwa pengiriman buku ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Lanud SMH untuk mendukung pendidikan di daerah-daerah yang membutuhkan.

"Kami sangat senang dapat menjadi bagian dari inisiatif ini. Buku-buku ini akan menjadi jembatan pengetahuan bagi anak-anak di Biak, memberikan mereka kesempatan untuk belajar dan berkembang," kata Letnan Kolonel Mujiono.

Dalam sebuah dialog talkshow di stasiun televisi lokal PALTV, yang disiarkan dalam program Halo Palembang, Linda Septiani Sebianto, Founder & President Buku Linda, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap semua pihak yang terlibat dalam pengumpulan dan pengiriman buku ini.

Kategori :