Kenikmatan Goi Cuon, Spring Roll Vietnam yang Populer di Lidah Orang-orang Asia Tenggara

Senin 17-06-2024,06:30 WIB
Reporter : Nurdiana
Editor : Devi Setiawan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Vietnam, dengan berbagai destinasi wisatanya yang mempesona, telah berhasil menarik perhatian dunia.

Seiring dengan meningkatnya popularitas tempat wisata di negara ini, kuliner khas Vietnam juga semakin dikenal luas.

Salah satu hidangan yang mencuri perhatian adalah Goi Cuon atau Spring Roll Vietnam, yang terkenal dengan kelezatan dan kesegarannya.

Goi Cuon adalah jenis lumpia khas Vietnam yang menggunakan kulit dari rice paper (bánh tráng). Isiannya beragam, mulai dari sayuran segar, bumbu-bumbu, hingga berbagai sumber protein seperti daging, seafood, dan tahu.

BACA JUGA:Kue Awug Camilan Tradisional Sunda Berbentuk Kerucut Dengan Rasa Gurih dan Manis

Kombinasi bahan-bahan segar ini menciptakan sensasi rasa yang unik dengan variasi tekstur yang menarik di setiap gigitannya.

Selain itu, Goi Cuon biasanya disajikan dengan saus cocolan yang memiliki rasa asam, manis, dan gurih, menambah kenikmatan dalam menyantap hidangan ini.

1. Bahan-bahan Segar yang Menyegarkan

Goi Cuon terdiri dari rice paper yang digulung dengan berbagai macam isian. Umumnya, isiannya berupa daging atau seafood seperti daging sapi, babi, udang, daging kepiting, ikan, cumi goreng, tahu, sosis nem nướng panggang, atau telur.

BACA JUGA:Menikmati Com Tam Vietnam: Keunikan dan Kemiripan dengan Nasi Rames


Goi Cuon alias Lumpia Vietnam.--instagram.com/@culinasia.sac

Bumbu dan sayuran segar yang digunakan meliputi daun ketumbar, daun mint, mentimun, wortel, selada, dan jamur.

Untuk menambah tekstur dan rasa gurih, biasanya juga ditambahkan bihun. Bagi vegetarian, terdapat varian Goi Cuon Chay yang menggunakan tahu sebagai pengganti daging atau seafood.

Salah satu hal yang membuat Goi Cuon spesial adalah saus cocolannya. Beberapa pilihan saus yang sering disajikan antara lain nước chấm (kecap ikan), saus kacang, atau saus hoisin.

Goi Cuon biasanya disajikan dalam keadaan dingin atau pada suhu ruang, sehingga kesegarannya tetap terjaga.

Kategori :