Banyak Undangan Kegiatan Donor Darah, PMI Prabumulih Masih Kurang Stok Darah

Minggu 09-06-2024,15:11 WIB
Reporter : Anggi Perkasa
Editor : Abidin Riwanto

PRABUMULIH, PALTV.CO.ID- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Prabumulih akhir-akhir ini sering mendapat undangan kegiatan donor darah, namun untuk memenuhi kebutuhan darah setiap bulan nya PMI Kota Prabumulih masih kekurangan stok darah.

Hal ini diungkap Ketua PMI Kota Prabumulih, Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu saat kegiatan donor darah di ACE Kota Prabumulih, Minggu (09/06/2024). 

"Kita mendapat undangan dari Ace alhamdulillah ini undangan yang ke dua kali ACE mengadakan donor darah, kebutuhan kita 400 kantong tiap bulan nya namun kita hanya mampu mengumpulkan 100 sampai 150 kantong darah tiap bulan nya," kata Suryanti Ngesti Rahayu. 

PMI Kota Prabumulih sendiri sering mendapat undangan kegiatan donor darah dari berbagai instansi.  "Kemaren kita juga mendapat undangan dari Polisi Militer, Kapolres, Kelurahan dan banyak lagi, minggu depan sudah ada jadwal nya lagi jadi kita melaksanakan kegiatan donor darah, " ujarnya.

BACA JUGA:Ribuan Masyarakat Sumsel Bersatu Gelar Aksi Damai Bela Palestina Jilid 2

Menurut Ngesti, panggilan akrabnya, untuk masyarakat Kota Prabumulih sendiri saat ini sudah peduli dengan sesama dengan melakukan donor darah. 

"Saya rasa sekarang masyarakat sudah peduli, bisa mendonorkan darahnya. Kalau tau informasi pasti mereka datang," tuturnya. 

Berbagai upaya telah dilakukan PMI Kota Prabumulih untuk mampu memenuhi  kebutuhan darah sebanyak 400 kantong setiap bulan nya. 

"Kita terus kejar ke Kelurahan, ke Desa-desa kemudian saat ada ifen-ifen dan lain sebagainya," benernya. 


Banyak Undangan Kegiatan Donor Darah, PMI Prabumulih Masih Kurang Stok Darah-foto/anggi perkasa-PALTV

Menurut nya ada beberapa kendala masyarakat Prabumulih tidak banyak melakukan donor darah. "Seperti takut jarum nya yang besar dan kurang nya informasi kepada masyarakat adanya kegiatan donor darah," tungkasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, kalau kita mendonorkan darah maka darah akan membentuk sel baru dan kita akan lebih pres sehingga kelihatan lebih muda dan juga sehat kemudian menekan untuk terjadinya kangker. 


fKetua PMI Kota Prabumulih, Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu-F oto/anggi perkasa-PALTV

PMI Kota Prabumulih juga berupaya dengan jemput bola, yang nantinya akan diprogramkan ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Prabumulih. 

"Harus kita jemput bola seperti nanti ke sekolah-sekolah SMA tentunya. Kalau kita hanya menunggu even mereka tidak akan terkumpul," tutupnya.(*) 

Kategori :