Inspektorat OKI Sudah Periksa Kepala Puskesmas Kertamukti Terkait Bocah Pria Korban Malapraktik saat Sunat

Sabtu 08-06-2024,23:08 WIB
Reporter : Novan Wijaya
Editor : Devi Setiawan

OKI, PALTV.CO.ID - Inspektorat Kabupaten OKI sudah periksa Kepala Puskesmas Kertamukti Kecamatan Mesuji Raya, terkait kejadian bocah pria yang diduga menjadi korban malapraktik.

Dugaan malapraktik yang dilakukan oleh Kepala Puskesmas Kertamukti bernama Zaidan tersebut, terjadi pada Desember 2023 lalu. Mengakibatkan kemaluan korban terpotong saat disunat.

Pj Bupati OKI Asmar Wijaya melalui Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika  Adiyanto menerangkan, persoalan malapraktik tersebut menjadi salah satu atensi Pj Bupati OKI karena kegiatan yang dilakukan oknum Kepala Puskesmas di luar jam kerja.

"Dalam persoalan ini karena yang bersangkutan merupakan ASN di lingkungan Pemkab OKI, maka sementara ini sudah diambil tindakan oleh Inspektorat," kata Adiyanto pada hari Jum’at, 7 Juni 2024.

BACA JUGA:Tabrak Belakang Truk Trailer Parkir di Tepi Jalan Sriwijaya Raya, Pengendara Sepeda Motor Tewas di TKP

BACA JUGA:Malam Minggu yang Basah, Palembang Kebanjiran dan Macet Akibat Hujan Deras


Adiyanto, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKI, Jum’at (7/6/2024).-Novan Wijaya-PALTV

Berdasarkan informasi dan sejumlah pemberitaan yang diperoleh, saat kejadian diketahui oknum Kepala Puskesmas Kertamukti memang melakukan kegiatan itu di luar jam kerja dan bukan di tempat pelayanan kesehatan masyarakat.

"Untuk menelusuri kejadian pasti peristiwa yang menimpa korban, Inspektorat bahkan sudah turun langsung mendatangi yang bersangkutan, termasuk ke rumah korban juga," terang Adiyanto.

Berkenaan dengan sanksi yang bisa mengancam Kepala Puskesmas Kertamukti tersebut, Adiyanto menuturkan masih menunggu hasil pemeriksaan.

"Kalau sanksi itu masih menunggu hasil dari pemeriksaan Inspektorat. Nah, kalau untuk sanksi profesi itu bukan ranah kita. Yang pasti Inspektorat itu kaitannya dengan jabatan sebagai Aparatur Sipil Negara," tandas Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika OKI Adiyanto.*

Kategori :