Ini Respons Dunia Internasional Terhadap Tragedi Tewasnya Presiden Iran Ebrahim Raisi

Rabu 22-05-2024,07:07 WIB
Reporter : johanes
Editor : Hanida Syafrina

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Presiden Iran Ebrahim Raisi  dilaporkan meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter pada hari Minggu, 19 Mei 2024.

Kabar tersebut diumumkan oleh media pemerintah Iran melalui platform media sosial X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) pada hari Senin, 20 Mei 2024.

Pemerintah Iran menyatakan bahwa helikopter yang membawa Ebrahim Raisi dan delegasinya mengalami pendaratan darurat di Azerbaijan Timur.

Dalam helikopter tersebut, selain Raisi terdapat juga Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian dan pemimpin salat Jumat di Tabriz Ayatollah Mohammad Ali Al-e-Hashem.

BACA JUGA:Perbandingan GMW Tank 500 dan Toyota Land Cruiser 300: Mana Yang Lebih Worth It?

Ebrahim Raisi, yang berusia 63 tahun, dikenal sebagai seorang tokoh garis keras di Iran dan mendapat julukan 'tukang jagal Teheran' karena perannya dalam eksekusi ribuan tahanan Iran pada tahun 1988.

Namun, ia juga dihormati oleh banyak warga Iran karena sering melakukan kunjungan ke berbagai wilayah selama masa jabatannya.

Berita kematiannya memicu berbagai respons duka cita dari para pemimpin dunia yang menyampaikan belasungkawa mereka.

1. Duka Cita dari Presiden Jokowi

BACA JUGA:Google Hadirkan Android 14 untuk TV Dengan Mode Energi yang Ditingkatkan dan Fitur AI

Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menyampaikan rasa dukanya yang mendalam atas wafatnya Presiden Iran, Ebrahim Raisi.

Jokowi juga mengungkapkan simpatinya terhadap para delegasi yang turut dalam kecelakaan tersebut.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji’un... Saya sampaikan doa tulus untuk keluarga yang ditinggalkan dan seluruh masyarakat Iran," ujar Jokowi dalam pernyataan tertulis yang diunggah di media sosial X pada hari Senin, 20 Mei 2024.

Selain itu, Partai Negoro (Nasional Gotong Royong) menggelar aksi simpatik di depan Kedutaan Besar Iran di Jakarta pada malam hari yang sama.

BACA JUGA:Gelar Peluncuran Pilkada, KPU PALI Ajak Semua Masyarakat Sukseskan Pilkada 2024

Kategori :