Ciptakan Lumbungan Pangan, TNI AD Lakukan Opla di OKI

Selasa 21-05-2024,09:56 WIB
Reporter : Firman Hidayat
Editor : Abidin Riwanto

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Mewujudkan sebagai daerah Lumbung Pangan Di Sumsel, Kabupaten OKI khususnya Kecamatan Air Sugihan, Sungai Menang dan Lempuing Jaya dilakukan kegiatan Opla oleh TNI AD dalam hal ini Kodim 0402/OKI.

Guna memastikan pelaksanaan Opla berjalan dengan semestinya Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M Thohir mendatangi langsung Kecamatan Air Sugihan. Dimana daerah ini ditargetkan lahan yang dilakukan Opla seluas 7000 Ha.

Opla sendiri dilakukan dengan sistem pelaksanaan tanam dengan sistem tabur, yang mana tujuannya agar bisa mengurangi biaya operasional yang tinggi. Kini petani hanya bisa satu kali masa tanam dalam setahun, namun dengan Opla masa tanam petani bisa meningkat, panennya 2-3 kali dalam setahun. 

Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M Thohir mengungkapkan, Opla yang dilakukan ini untuk meningkatkan hasil gabah para petani. Dan ini semua bisa diwujudkan jika ada dukungan dari pemerintah daerah, sehingga dapat menambah hasil tanam para petani. 

BACA JUGA:Usai Viral Bantuan 200 Juta Untuk Keluarga Almarhum Ari Prabowo dari PT OKI Pulp Diberikan

Danrem juga menyampaikan, jika ada pupuk subsidi yang tidak sampai ke petani untuk bisa dilakukan pendataan sehingga para petani bisa mengolah sawahnya dengan baik dan lancar tanpa adanya hambatan. 

"Dengan adanya sistem Opla ini semoga kecamatan Air Sugihan dapat menjadi daerah lumbung pangan di Kabupaten OKI"terang Danrem dihadapan para petani Air Sugihan. 

Sejauh ini dari hasil keterangan petani yakni Munhar selaku Ketua Gapoktan, jika hasil panen setelah adanya Opla per satu hektar dihasilka mencapai 5-6 Ton gabah. Jumlah ini alami peningkatan karena sebelum terlaksana Opla, para petani hanya menghasilkan 3-4 Ton dalam satu hektarnya. 

Oleh karenanya para petani mengucapkan terima kasih kepada TNI AD, yang telah memberikan perhatian kepada para petani Air Sugihan Khususnya desa Bandar Jaya.(*)

Kategori :