Berapa Biaya Penggantian Kampas Rem Mobil? Lihat Disini!

Jumat 17-05-2024,10:25 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Muhadi Syukur

Tanda-tanda kampas rem mobil yang sudah habis bisa Anda rasakan dengan adanya getaran saat melakukan pengereman. Getaran tersebut bisa Anda rasakan ketika melakukan pengereman di saat mobil sedang melaju pada kecepatan tinggi.

Getaran pada saat pengereman tersebut bisa terjadi karena kampas rem mobil sudah habis dan cakram pun juga sudah tidak memiliki permukaan rata.

 

Biaya Mengganti Kampas Rem Mobil

Biaya ganti kampas rem mobil di bengkel mobil bisa berbeda-beda tergantung reputasi bengkel, jenis mobil, dan jenis kampas rem mobil yang ingin Anda ganti.

Kisaran biaya ganti kampas rem mobil di bengkel resmi mulai dari Rp120 ribu hingga Rp1 juta. Berikut adalah estimasi biaya untuk beberapa jenis mobil Toyota:

Rush: Rp160 ribu.

Avanza: Rp179 ribu.

Fortuner: Rp 1,7 juta.

BACA JUGA:Kampas Rem Motor Anda Tidak Terawat ? Coba Ketahui Tips Berikut ini

Usia pemakaian normal untuk kampas rem mobil adalah berkisar 40.000–80.000 km atau sekitar 2-3 tahun. Awet atau tidaknya penggunaan kampas rem mobil tergantung dari gaya berkendara, kondisi jalan, beban, kualitas kampas rem, cakram, dan piston.

Jika Anda punya gaya berkendara yang halus atau tidak agresif dan memiliki kebiasaan melakukan pengereman secara perlahan. Gaya berkendara seperti ini bisa membuat kampas rem mobil menjadi lebih awet.

 

Tips Merawat Kampas Rem Mobil

Agar kampas rem mobil Anda awet dan tidak mudah rusak, setiap pemilik mobil bisa merawat kampas rem mobil dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

BACA JUGA:Memahami Bahaya : Tanda-tanda Kampas Rem Mobil yang Perlu Diperhatikan

Kategori :