Memeriksa Komponen Kaki-Kaki Mobil dan Status Kondisi

Minggu 12-05-2024,12:57 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Muhadi Syukur

Untuk memeriksa kondisinya, pertama-tama perhatikan karet hitam yang menutupinya. Sering kali karet tersebut mengalami robek sehingga olinya keluar dan kotoran masuk mengotori bolanya.

Setelah itu, periksa fungsinya dengan cara menggerakkan roda menggunakan tangan, mirip ketika mengecek tie rod. Bedanya, pengecekan dilakukan dengan menggerakkan roda ke atas dan bawah. Biar lebih akurat, usahakan untuk mendongkrak mobil terlebih dahulu di bagian lower arm-nya.

BACA JUGA:Toyota Investasi Rp206,5 Triliun, Mobil Listrik Mendominasi Lebih dari Seperempat Penjualan

 

6. Stabilizer dan Link Stabilizer

Pada foto di atas, komponen link stabilizer dapat dilihat wujudnya berupa besi yang berdiri secara vertikal yang bagian atasnya menempel dengan shockbreaker. Sedangkan stabilizer itu sendiri merupakan besi yang menempel pada bagian bawah link stabilizer dengan posisi horizontal.

Pengecekan stabilizer bisa dilakukan dengan memberinya pukulan “halus” menggunakan tangan. Jika terasa ada oblak maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Hal ini biasanya disebabkan karet bushing yang bentuknya semacam huruf “D” sudah mengalami cacat. Kerusakan karet bushing tersebut menjadi salah satu sumber bunyi berisik pada kaki-kaki mobil.

Sementara itu, pengecekan terhadap link stabilizer dapat dilakukannya dengan menggoyangkannya langsung menggunakan tangan.

BACA JUGA:Mobil Sport Alpine Ini Memiliki Mesin Turbo Pembakaran Hidrogen

 

7. Lower Arm

Lower arm pada dasarnya merupakan komponen berbahan metal yang cukup kuat. Namun, lower arm memiliki dua buah karet bushing di depan dan belakangnya.

Karet-karet inilah yang kerap mengalami penurun kondisi seiring usia pemakaian. Untuk mengetahui kondisinya bisa dilakukan pengecekan visual. Selain itu, pemilik kendaraan juga bisa menggoyang-goyangkan sambungan bushing tersebut dengan bantuan besi pengungkit.

Jika karet-karet bushing tersebut sudah rusak maka sebaiknya segera lakukan penggantian. Karet bushing untuk beberapa mobil hanya dijual satu paket dengan lower arm-nya. Hal ini akan membuat biaya penggantian lebih mahal. Pengecekan lower arm akan lebih mudah jika mobil berada di atas car lift.

BACA JUGA:Strategi Pemerintah Indonesia dalam Mendorong Mobil Listrik

Kategori :