Cara Mengatasi Gejala Sulit Tidur atau Insomnia

Rabu 31-05-2023,10:31 WIB
Reporter : Irgi Fahreji
Editor : Hanida Syafrina

PALEMBANG,PALTV.CO.ID- Sulit tidur merupakan salah satu hal yang biasa di alami oleh sebagian orang. Hal ini juga dapat mengganggu kesehatan jika terjadi dalam kurun waktu lama, kondisi ini biasa juga disebut dengan Insomnia. 

Insomnia adalah situasi yang membuat seseorang sulit untuk tidur bahkan tidak bisa tidur sama sekali. Walaupun telah beristirahat di waktu yang tepat. Akan tetapi, Insomnia juga dapat disebabkan oleh mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

Selain itu, Insomnia juga dapat disebabkan oleh masalah psikologis seperti stress, depresi, dan cemas yang berlebih.

Ada beberapa tips cara mengatasi sulit tidur atau Insomnia, Berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi Insomnia.

BACA JUGA:Beberapa Tips Traveling Low Budget

BACA JUGA:Tekanan dan Tuntutan dari Orang Tua Membahayakan Mental Anak

1. Hindari konsumsi alkohol

Cara pertama dalam mengatasi permasalahan sulit tidur atau Insomnia. Anda bisa menghindari minuman-minuman beralkohol, karena minuman beralkohol dapat membuat sistem kerja tubuh terganggu. Alkohol yang diminum sebelum tidur mengganggu rapid eye movement. Yakni gerakan yang cepat dan acak dari mata, yang seharusnya normal. Namun, karena pengaruh alkohol maka sistim pengaturan tubuh terganggu.

2. Merelaksasi Tubuh

Merelaksasi Tubuh merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan ketika anda mengalami masalah sulit tidur atau Insomnia, misal nya yoga dan pilates. Hal ini mampu memberikan kenyamanan dan ketenangan yang mampu membuat anda mudah terlelap. Selain itu juga anda bisa merelaksasi tubuh dengan mandi air hangat ataupun mendengarkan musik.

BACA JUGA:Offroad, Olahraga Pemicu Adrenalin yang Banyak Digemari

BACA JUGA:Anda Ingin Mempengaruhi Seseorang? Berikut Ini 12 Trik Psikologinya

3. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat merupakan suatu hal yang penting yang dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Pola hidup sehat bisa di mulai dari memperhatikan pola makan, rutin berolahraga minimal 30 menit per hari nya. Cara ini mampu membuat anda terhindar dari gejala sulit tidur atau Insomnia.

4. Hindari minuman mengandung kafein

Kategori :