BACA JUGA:Panduan Lengkap Merawat Motor Matic agar Tetap Awet dan Terjaga Kinerjanya
3. Gasket Kepala Silinder Rusak
Gasket kepala silinder adalah segel yang memisahkan blok mesin dan kepala silinder. Fungsinya adalah menjaga tekanan dalam silinder dan mencegah kebocoran cairan.
Jika gasket ini rusak atau bocor, kompresi akan hilang karena gas pembakaran dapat keluar dari silinder. Kerusakan pada gasket kepala silinder juga bisa menyebabkan masuknya cairan pendingin ke dalam ruang pembakaran, yang dapat merusak mesin.
BACA JUGA:Rahasia Tersembunyi Motor CBU! Simak Review Honda CBR 150 CBU Thailand yang Membuat Terpesona!
4. Dinding Silinder yang Tergores atau Rusak
Kerusakan pada dinding silinder, seperti goresan atau retakan, dapat mengurangi kompresi. Kerusakan ini biasanya terjadi karena pelumasan yang tidak memadai atau kerusakan mekanis. Dinding silinder yang rusak akan mengurangi kemampuan silinder untuk menahan tekanan, menyebabkan hilangnya kompresi.
5. Masalah pada Sistem Pengapian
Sistem pengapian yang tidak bekerja dengan baik juga bisa menjadi penyebab hilangnya kompresi. Jika busi tidak menyala dengan benar atau sistem pengapian lainnya bermasalah, pembakaran dalam silinder tidak akan optimal, yang dapat memengaruhi kompresi.
BACA JUGA:Rahasia Tersembunyi Motor CBU! Simak Review Honda CBR 150 CBU Thailand yang Membuat Terpesona!
Cara Mengatasi Masalah Hilangnya Kompresi
Mengatasi masalah hilangnya kompresi bergantung pada penyebabnya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk memperbaiki masalah ini: