6 Merek Shockbreaker Mobil Terthe Best, Jangan Kalian Lewatkan!

Jumat 03-05-2024,09:57 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Abidin Riwanto

Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh shockbreaker Tokico adalah harga yang bersahabat, awet dan cocok dengan demografis penduduk dan kondisi jalan di Indonesia.

“Secara umum karekter shockbreaker Tokico untuk Avanza lebih keras dari KYB, hal ini cocok untuk konsumen yang ingin mobilnya lebih stabil meski sedikit mengorbankan kenyamanan,” tambah Putra.

“Sehingga lebih stabil meski sedikit mengorbankan kenyamanan,” ungkapnya.

Di pasaran harga shockbreaker Tokico untuk Toyota Avanza, Xenia, Rush, Terios satu set

(belakang kanan kiri) dijual mulai harga Rp 550 – 700 ribuan.

3. Shockbreaker Bilstein

Bilstein merupakan salah satu merek shockbreaker mobil terbaik yang beredar di Indonesia. Kemampuan produk redam kejut asal Jerman ini pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini lantaran semua produk shockbreaker Bilstein pengujian kualitasnya ditempuh dengan riset cukup rumit.

Konon untuk menguji produk terbaru Bilsatain selalu menempuh quality control di lintasan sirkuit seperti Nurburgring. Selain berpengalaman lebih dari 50 tahun, shockbreaker Bilstain terkenal dengan durabilitasnya yang baik. Shockbreaker ini memiliki spesialisasi karakter damping yang tergolong keras dengan rebound yang cepat.

BACA JUGA:Keeway V250Fi Analisis Lengkap dari Kelebihan hingga Kekurangannya

Shockbreaker bilstain juga memiliki fitur yang membuatnya tetap nyaman dan empuk meski mobil dipacu dalam kecepatan yang tinggi.”Kalau Bilstain umumnya lebih kuat menahan beban berat dan mampu meredam guncangan di jalanan berlubang, cocok untuk SUV,” tambah Putra. Harga shockbreaker Bilstain untuk Honda CR-V misalnya, dipasaran berkisar antara Rp 6 – 7 jutaan untuk satu set depan belakang.

4 Shockbreaker Kayaba (KYB)

Rekomendasi merek shockbreaker mobil terbaik lainnya adalah Kayaba (KYB). Bisa dikatakan KYB adalah shockbreaker sejuta umat mobil-mobil yang beredar di Indonesia. Selain itu shockbrbeaker KYB juga mudah didapat untuk berbagai macam merek mobil. Kayaba juga memiliki harga yang cukup terjangkau meski dibekali dengan kualitas yang mumpuni.

Di Indonesia sendiri, shockbreaker mobil KYB ini hadir dalam berbagai varian lengkap dengan karakteristik yang berbeda, di antaranya adalah Kayaba Premium, Kayaba Ultra, dan Kayaba Excel-G.

Misalnya Kayaba Ultra merupakan shockbreaker favorit untuk Avanza-Xenia. Shockbreaker ini memiliki karakter yang empuk, makanya cocok digunakan untuk mobil harian keluarga. Dipasaran, produk original Kayaba ini dibandrol pada kisaran Rp 1 – 1.5 jutaan untuk satu set kanan kiri.

Sedangkan Kayaba Excel-G adalah jenis shock absorber yang mengutamakan performa. Karakteristik bantingannya keras, namun tidak sekeras Kayaba Ultra. Kayaba Excel-G merupakan shock absorber double action seperti Kayaba Ultra. Material pengisinya adalah gas (40-50%) dan oli (50-60%).

Kayaba Excel-G meningkatkan handling, namun masih cukup nyaman. Kayaba Excel-G cocok untuk kendaraan yang sering digunakan keluar kota. Karakter suspensinya membuat gejala bodyroll dapat dikurangi, namun masih cukup nyaman. Namun, jika digunakan pada mobil berbobot ringan seperti LCGC, bantingan akan terasa keras.

Kategori :