Karma Gyesera Baru Mengembangkan Warisan Fisker Karma Dengan Electric GT 590 HP

Selasa 05-03-2024,18:18 WIB
Reporter : wawan
Editor : Muhadi Syukur

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Sudah lama sekali, namun hampir empat tahun setelah Karma Automotive mengungkapkan rencananya untuk memperkenalkan full-EV pertamanya yang berbasis pada sedan hybrid plug-in Revero, merek asal California ini akhirnya mengungkapkan Gyesera baru di Amelia, Concours d'Elegance.

Digambarkan sebagai “jembatan menuju masa depan” untuk merek tersebut, grand tourer empat pintu ini adalah versi Revero yang telah direvisi secara besar-besaran, menampilkan powertrain listrik sepenuhnya dan jangkauan 250 mil.

Karma menyatakan, hampir seluruh panel bodi eksterior Gyesera telah didesain ulang, kecuali panel seperempat belakang. Model dengan panjang 199,9 inci (5.077 mm) ini menawarkan tampilan yang lebih ramping, ditandai dengan hidung yang lebih tajam dan tanpa gril, intake baru pada profil pahatan, lensa lampu belakang bening, dan bumper belakang yang modern.

Meskipun ada peningkatan, proporsi dan rumah kaca tetap identik dengan versi sebelumnya, termasuk hibrida plug-in GS-6 dan Revero. Faktanya, tulang punggung desain ini mengingatkan kita pada Fisker Karma yang asli dan berumur pendek, yang memulai debutnya pada tahun 2011, dengan mempertahankan siluet rendah yang sama.

BACA JUGA:Ini alasan Pentingnya Servis Motor Bagi Pemilik Kendaraan Bermotor

Sebagai catatan tambahan, tahun ini menandai peringatan 10 tahun sejak perusahaan Tiongkok Wanxiang Group membeli Fisker Automotive yang bangkrut, kemudian mengganti namanya menjadi Karma Automotive.

Pindah ke interior, tata letak dasbor mungkin mengingatkan kita pada Fisker lama, tetapi ada beberapa peningkatan penting. Konsol tengah telah dirombak dengan layar sentuh infotainment yang lebih besar, sedangkan lingkar kemudi tampak baru. Selain itu, dasbornya tidak memiliki sisipan dekoratif apa pun, dan menampilkan lambang Gyesera di sisi kanan.

Gyesera adalah model listrik pertama dari Karma sejak GSe-6 yang diumumkan sebelumnya tidak pernah mencapai produksi.

Marques McCammon, presiden baru Karma Automotive mengatakan kepada Automotive News bahwa model baru ini berbeda dibandingkan dengan GSe-6, meskipun menggunakan sasis spaceframe aluminium yang sama.

BACA JUGA:Motor Listrik Rp 9 Jutaan: Mengapa Viar EV1 Layak Diperhitungkan

McCammon mengatakan bahwa Gyesera memiliki desain baterai yang “benar-benar berbeda” dan menawarkan kinerja yang “berbeda secara material”. Secara keseluruhan, 85 persen EV telah direvisi.

Paket baterai baru memiliki kapasitas 120 kWh dan mampu menempuh jarak lebih dari 250 mil (402 km). Gyesera ditenagai oleh motor listrik yang dipasang di belakang yang menghasilkan tenaga 590 hp (440 kW / 598 PS) dan torsi 693 lb-ft (939 Nm).

Karma mengatakan bahwa sprint 0-60 mph (0-97 km/jam) akan diselesaikan dalam waktu kurang dari 4,2 detik, dengan kecepatan tertinggi melebihi 135 mph (217 km/jam).

Peluncuran pasar Karma Gyesera dijadwalkan pada akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025. Menurut pernyataan sebelumnya yang dibuat oleh presiden Karma Automotive, harga diperkirakan akan berada dalam kisaran $175.000 hingga $225.000. Secara keseluruhan, perusahaan bertujuan untuk memproduksi 2,000 unit EV selama periode produksi empat atau lima tahun di fasilitas Moreno Valley di California, untuk mempertahankan tingkat eksklusivitas.

BACA JUGA:Rolls-Royce Droptail Arcadia: Kemewahan Terdepan dengan Gaya Desain Asia yang Eksklusif

Kategori :