Wisata Gunung Bromo, Petualangan Tanpa Batas dengan Tips Hemat Biaya, Waktu Tepat, dan Spot Paling Terkeren!

Kamis 01-02-2024,15:07 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Abidin Riwanto

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut yang terletak di Kabupaten Sukapura, Kabupaten Probolingo, Provinsi Jawa Timur.

Gunung ini terkenal sebagai tempat wisata penting di Jawa Timur. Keindahannya yang luar biasa, termasuk pemandangan matahari terbit atau dikenal dengan matahari terbenam, serta gunung berapi besar yang mengeluarkan asap putih, tak boleh dilewatkan oleh pengunjung.

Ceritanya juga menarik. Gunung Bromo berasal dari Gunung Tenger yang berada pada ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi kedua saat itu setelah Gunung Semeru (3.676 meter di atas permukaan laut). 

Pasalnya, banyak letusan kecil yang berujung pada letusan dahsyat sehingga menghasilkan kaldera dengan diameter lebih dari 8 km. Pada abad ke-20 dan ke-21, Gunung Bromo meletus beberapa kali setiap 30 tahun. Letusan terbesar terjadi pada tahun 1974 dan terakhir pada 19 Juli 2019.

BACA JUGA: Motor Trend dan Sporty, Viar N1 VS Viar N2 Spek Unggulan Mempunyai Speaker Bluetooth

Jika ingin menikmati pemandangan dan alam, pergilah ke Hutan Bromo. Berjalan-jalan di hutan Bromo sungguh suatu keindahan yang istimewa.

Biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi Gunung Bromo?

Harga tiket Gunung Bromo berkisar antara Rp 29.000 hingga Rp 320.000 tergantung tanggal dan jenis tiket yang dipilih. Anda bisa memasuki kawasan wisata ini melalui empat pintu masuk: Pasuruan, Probolinggo, Pasuruan dan Malang.

Jika ingin menikmati pemandangan matahari terbit, Anda bisa memilih paket Sunrise Tour yang dijual dengan harga Rp 365.900. Selain itu, Anda juga bisa memilih paket wisata spesial satu hari yang dijual seharga Rp 987.952.


Wisata Gunung Bromo: Biaya, Waktu dan Spot Terkeren--foto: instagram@gunungbromo

Setelah sampai di Gunung Bromo, Anda bisa naik angkutan umum seperti bus atau kereta api menuju stasiun terdekat dan dilanjutkan dengan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan seperti mobil atau sepeda motor.

Biaya sewa mobil untuk tour gunung Bromo adalah Rp 500.000. Jika ingin menggunakan kuda, harganya antara Rp 70.000 hingga 100.000. Saat ini jika ingin naik ojek, harganya berkisar Rp 150.000 - Rp 200.000.

Mengapa Wisata Bromo Sangat Populer?

Gunung Bromo sangat populer sebagai tujuan wisata karena banyak faktor:Keindahan Alam: Gunung Bromo mempunyai pemandangan yang indah dengan hamparan pasir kuning yang luas dan terasering yang kokoh. Pemandangan dari puncak Penanjakan sangat indah dan asri, begitu juga dengan pegunungan disekitarnya. 

Akses: Gunung Bromo mudah diakses dari beberapa kota di Jawa Timur, antara lain Surabaya dan Malang, serta dapat diakses dengan berbagai sarana transportasi antara lain mobil, bus, dan sepeda motor.

Kategori :