10 Cara yang Dapat Dilakukan Pengendara Dalam Menjaga Usia Pakai Ban Motor Pada Sebuah Sepeda Motor!

Selasa 16-01-2024,10:32 WIB
Reporter : Muchlisin
Editor : Abidin Riwanto

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Ban motor dengan kondisi yang sudah tidak baik tentu akan membuat rasa berkendara menjadi tidak nyaman, dan dapat berpotensi menimbulkan risiko yang berbahaya.

Oleh karena itu, pemilik sepeda motor sebaiknya mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban motor sebelum kondisinya semakin parah.

Kondisi ban yang sudah botak atau aus tentunya akan membuat ban menjadi licin dan daya cengkeramnya tidak sekuat ketika masih berada dalam kondisi yang ideal.

Itulah yang menyebabkan ban termasuk komponen yang perlu diganti secara berkala meskipun pemakaiannya agak panjang dibandingkan dengan komponen motor lainnya.

BACA JUGA: Hyundai Santa Cruz, Jadi Saingan Toyota Hilux dan Triton Revolusi dalam Segmen Truk Pikap dengan mesin 4x4

Seperti komponen lain pada umumnya, ban motor juga mempunyai usia pakai. Semakin lama dan semakin sering digunakan membuat ban motor akan menjadi semakin menipis sehingga perlu untuk diganti.

Menjaga usia pakai ban motor merupakan bagian penting dari pemeliharaan sepeda motor. Ban yang bagus bukan hanya mampu meningkatkan keamanan namun juga dapat menghemat pengeluaran dalam jangka waktu yang panjang.

Berikut ini merupakan beberapa tips atau cara yang dapat dilakukan oleh pengendara untuk menjaga usia pakai ban motor miliknya.

Lakukan Pemeriksaan Tekanan Udara Secara Teratur

Pastikan tekanan udara yang terdapat pada ban motor sudah sesuai dengan rekomendasi produsen yang biasanya tertera pada buku panduan pemilik atau pada stiker di dekat roda.


10 Cara yang Dapat Dilakukan Pengendara Dalam Menjaga Usia Pakai Ban Motor Pada Sebuah Sepeda Motor!-dragenzigic-freepik

Tekanan udara yang tepat tentunya akan membantu menghindari keausan yang tidak merata dan memperpanjang usia pakai dari ban motor.

Lakukan Rotasi Ban

Rotasi ban merupakan proses mengganti posisi ban yang terdapat pada motor. Hal ini akan membantu menghindari keausan usia pakai ban motor yang tidak merata karena beban yang berbeda pada roda depan dan belakang. 

Periksa buku panduan kode umur ban motor pemilik untuk dapat mengetahui jadwal rotasi ban yang disarankan oleh produsen.

Kategori :