Ini Kata Ahli Soal Kesalahan Makan Yang Sebabkan Refluks Asam Lambung

Minggu 14-01-2024,16:39 WIB
Reporter : adi
Editor : Hanida Syafrina

Untuk meningkatkan pencernaan, dianjurkan untuk minum air dalam jumlah sedang selama makan dan meningkatkan asupan cairan di antara waktu makan, kata Dr Tanugra.

Dalam sebuah video di Instagram, ahli gizi Richa Doshi mengatakan bahwa meminta teh atau kopi segera setelah makan adalah kesalahan yang dilakukan semua orang dan harus dihindari.

Secangkir kopi mungkin tampak seperti minuman yang baik setelah makan, tetapi kafein dapat menyulitkan penyerapan mineral tertentu, seperti kalsium dan zat besi.

Teh herbal dan teh yang bebas kafein dapat membantu pencernaan tanpa mengganggu penyerapan nutrisi, kata Agarwal.

BACA JUGA:Ban Mobil Anda Juga Punya Masa Kadaluwarsa Loh! Cek dengan Cara Ini

Demikian pula, makan buah setelah makan juga dilarang keras, kata Doshi.

Selain itu, melakukan aktivitas yang membuat stres segera setelah makan dapat berdampak negatif pada pencernaan.

" Tekan tubuh yang dihasilkan oleh stres dapat memicu respons fight-or-flight, yang mengakibatkan pengalihan aliran darah dari sistem pencernaan dan dapat mengakibatkan masalah pencernaan, disarankan untuk melakukan aktivitas yang menenangkan seperti berjalan kaki ringan dan bernapas ringan, kata Dr Tanugra.

Para ahli juga menyarankan untuk menghindari konsumsi makanan penutup dalam jumlah besar setelah makan.

BACA JUGA:Polytron Fox Air Gen 3: Apakah Ini Motor Listrik Terbaik di Indonesia?

Merokok setelah makan dapat memperburuk masalah pencernaan serta menimbulkan risiko kesehatan lainnya. Hal ini meningkatkan kemungkinan penyakit pencernaan dan kardiovaskular. Selain itu, merokok mempersempit pembuluh darah dan mengurangi penyerapan nutrisi.

Agarwal menyatakan bahwa untuk meningkatkan pencernaan, meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan mengurangi risiko beberapa penyakit, sangat penting untuk tidak merokok setelah makan.*

Kategori :