Mengenal 4 Bagian yang Terdapat pada Pergelangan Tangan

Jumat 15-12-2023,17:56 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Abidin Riwanto

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pergelangan tangan adalah area antara tangan dan lengan yang menghubungkan dua bagian tersebut. Bagian-bagian utama yang terdapat pada pergelangan tangan.

Seperti  kita ketahui, pergelangan tangan merupakan persendian kompleks yang terdiri dari delapan tulang kecil pada pergelangan tangan dan tangan.

Pergelangan tangan merupakan inti dari tangan itu sendiri karena fungsinya lebih kompleks, seperti mengambil barang, makan, dan memasak. Semua itu yang berfungsi dalam menggenggam pergelangan tangan yang paling andil dalam hal tersebut.

Inilah beberapa hal yang terdapat pada pergelangan tangan, yaitu:

BACA JUGA:Tambahkan Pengaman Sepeda Motor Matic Milikmu dengan Melakukan 7 Hal Penting Ini!

1. Jari (Finger)

Jari merupakan hal yang mengacu pada ujung  anggota tubuh seseorang, seperti tangan dan kaki. Manusia mempunyai lima jari pada masing-masing ujungnya (tangan dan kaki), sehingga jumlah seluruh jari manusia  adalah 20. 

Setiap jari merupakan tulang jari yang ditutupi oleh lapisan kulit dan otot. Manusia mempunyai kuku di ujung jari tangan dan kakinya.

Ibu Jari (Thumb) Terdiri dari dua falang dan lebih pendek dibandingkan jari lainnya. Daerah otot di pangkal ibu jari yang memungkinkan pergerakan dan kekuatan.

BACA JUGA:Hati Hati Gejala HIV Bisa Dirasakan Semua Pria! Tidak Melulu Pada Organ Reproduksi

Jari Telunjuk (Index Finger) adalah jari yang paling panjang dan umumnya digunakan untuk menunjuk. Jari telunjuk jari kedua tangan manusia, dihitung dari ibu jari.

Letaknya di antara ibu jari (jari pertama) dan jari tengah (jari ketiga). Secara umum, jari telunjuk adalah yang termudah dan paling fleksibel, tapi bukan yang terpanjang.

Jari telunjuk ini lebih pendek dari jari tengah dan mungkin lebih pendek dari jari manis pada beberapa orang.

Jari Tengah (Middle Finger) merupakan terletak di tengah-tengah jari-jari yang lain. Jari tengah, disebut juga jari hantu, jari jahat atau jari kematian, adalah jari ketiga tangan manusia.

BACA JUGA:Rahasia Tangan: Menjelajahi Berbagai Bagian yang Membentuk Keajaiban Fungsionalitas Manusia

Kategori :