Ingin Meraih Pahala Amal Jariyah yang Terus Mengalir? Coba Lakukan Hal-hal Berikut Ini

Kamis 23-11-2023,03:00 WIB
Reporter : Angga Pranando
Editor : Devi Setiawan

Sedekah jariyah adalah sedekah yang memberikan pahala terus menerus, seperti amal wakaf, di mana seseorang menyumbangkan sesuatu yang bermanfaat karena Allah SWT.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! 5 Perkara Ini Bisa Menyebabkan Doa Tidak Terkabul, Simak Penjelasanya


Menyumbang untuk pembangunan masjid, pesantren, jalan umum, atau ikut berkontribusi dalam pembangunan sumber air bersih bagi masyarakat di daerah yang membutuhkan, merupakan amal jariyah.--freepik.com/@freepik

Benda tersebut memiliki sifat tidak habis dan tidak berkurang meski dimanfaatkan berulang kali. Contohnya adalah menyumbangkan untuk pembangunan masjid, pesantren, jalan umum, atau ikut berkontribusi dalam pembangunan sumber air bersih bagi masyarakat di daerah yang membutuhkan. 

Berbeda dengan sedekah makanan dan minuman yang sekali dimanfaatkan menjadi habis. Sedekah jariyah atau wakaf seperti hal-hal di atas, sekalipun orang yang bersedekah telah meninggal dunia pahalanya tetap mengalir kepadanya selama benda-benda tersebut masih dapat dimanfaatkan oleh orang lain. 

2. Ilmu Bermanfaat

Ilmu bermanfaat adalah ilmu yang diajarkan kepada orang lain dan diamalkan oleh mereka, baik itu ilmu pengetahuan umum maupun agama.

BACA JUGA:Kisah Nabi Musa AS Selamatkan Bani Israel dari Kekejaman Firaun hingga Menuju Tanah yang Dijanjikan


Mengajarkan anak-anak membaca atau mengenalkannya pada ilmu pengetahuan yang bermanfaat, dapat menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir.--freepik.com/@freepik

Jika ilmu tersebut diajarkan dan diterapkan oleh orang lain, maka pahala dari amalan tersebut akan terus mengalir, bahkan setelah orang yang memberikan atau mengajarkan ilmu tersebut telah meninggal. 

Ilmu yang bermanfaat tersebut dapat berupa misalnya bersedekah Al-Qur'an atau mengajarkan anak-anak membaca Al-Qur'an.

Al-Qur'an memiliki keberkahan. Ketika ayat-ayatnya dibaca oleh orang yang menerimanya, maka pahala juga akan akan mengalir kepada orang yang memberi atau mengajarkanya.

3. Anak Saleh dan Salehah

BACA JUGA:Alasan Cacat Janin, Apakah Boleh Calon Ibu Aborsi, Lalu Bagaimana Menurut Hukum Islam?


Mendidik anak menjadi anak solehah atau soleh merupakan amal jariyah yang pahalanya terus mengalir.--freepik.com/@rawpixel.com

Anak merupakan anugerah yang sangat berharga bagi sepasang suami istri. Mendidik anak-anak dengan baik dan mengajarkan nilai-nilai Islam merupakan amal jariyah.

Kategori :