Bikin Nostalgia, Ini Dia 5 Permainan Tradisional yang Buat Kamu Ingat Masa Lalu

Bikin Nostalgia, Ini Dia 5 Permainan Tradisional yang Buat Kamu Ingat Masa Lalu

Permaina kelereng.-Alfredo Quiroz-pixabay.com-Alfredo Quiroz

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Nah, siapa yang waktu kecil sering main permainan tradisional di daerahnya masing-masing? Pasti seru yah permainan-permainan masa kecil dulu.

Sekarang, zaman telah berkembang dan lebih maju. Anak-anak zaman sekarang sudah lebih sering bermain gadget atau yang sering disebut handphone (ponsel pintar) atau alat teknologi lainnya. Semakin berkembangnya teknologi ini membuat permainan zaman dulu semakin tergerus. Bahkan kalau ditanya Anak-anak zaman sekarang mungkin sudah tidak tahu lagi cara bermain permainan tradisional zaman dulu.

Saat ini anak-anak sudah lebih sibuk dengan dunia teknologinya. Kebanyakan sudah mencari hiburan dari ponsel pintar yang mereka miliki. Nah, oleh karena itu, kami mengingatkan kembali permainan-permainan tradisional zaman dulu. Ini dia lima permainan tradisional yang dulu mungkin sering kamu mainkan.

1. Petak Umpet

BACA JUGA:Video: Lapas Sekayu Bekali Warga Binaan Skill Kerajinan Tangan

BACA JUGA:Video: Nanas Termanis Ada di Agrowisata Prabumulih

Nah, ini dia permainan tradisional yang pasti sering kamu mainkan. Permainan ini menjadi primadona pada masanya, namun sekarang sudah ditinggalkan. Permainan petak umpet dapat dilakukan oleh banyak orang. Cara memainkannya pun mudah, hanya mengundi siapa satu orang yang akan berjaga. Kemudian ia berhitung dan menutup mata sementara pemain lainnya mencari tempat persembunyian. Setelah selesai berhitung, penjaga tadi harus mencari seluruh pemain yang sembunyi tadi satu per satu. Kalau tidak, ia akan kembali menjadi penjaga.

2. Engklek

Siapa yang tidak mengenal permainan engklek ini? Hampir semua anak di seluruh Indonesia pasti pernah memainkannya dengan nama permainannya yang sesuai daerah masing-masing. Permainan engklek ini bisa dimainkan oleh dua atau banyak orang sekaligus, bahkan dapat bermain secara berkelompok agar lebih seru. Cara memainkannya pun mudah. Seorang pemain hanya melompati setiap petak yang sudah digambar sesuai pola dan diberi nomor. Kemudian pemain melempar batu penanda ke salah satu petak tadi lalu memainkannya sesuai aturan yang telah dibuat dan disepakati.

3. Kelereng

BACA JUGA:Urutan Skin Zodiac Mobile Legends Bang Bang yang Akan Rilis 2023

BACA JUGA:Emblem Revamp MLBB, Begini Penjelasan Detail Mengenai Set Emblem Revamp Terbaru

Permainan tradisional yang satu ini sering dimainkan oleh anak laki-laki dibanding anak perempuan, walaupun sebenarnya dapat dimainkan bebas oleh seluruhnya. Cara memainkan permainannya pun hanya dengan menembakkan satu kelereng yang menjadi gacokan ke kelereng lainnya yang telah disusun di tanah. Cara menangnya sesuai dengan peraturan yang telah disepakati.

4. Ular Naga Panjang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber