PLN Tingkatkan Keandalan Listrik RSUD Rupit dan Kabupaten Musi Rawas Utara

PLN Tingkatkan Keandalan Listrik RSUD Rupit dan Kabupaten Musi Rawas Utara

PLN Tingkatkan Keandalan Listrik RSUD Rupit dan Kabupaten Musi Rawas Utara--Foto: dokumentasi PT PLN (Persero)

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- PT PLN (Persero) dengan sigap merespons arahan Presiden RI Joko Widodo untuk meningkatkan layanan kelistrikan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan. 

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, melakukan inspeksi langsung ke RSUD tersebut pada Sabtu (1/6) untuk memastikan peningkatan keandalan listrik berjalan dengan baik. Upaya ini tidak hanya difokuskan pada RSUD Rupit, tetapi juga mencakup seluruh wilayah Kabupaten Musi Rawas Utara, yang kini menikmati kualitas listrik yang lebih andal.

Darmawan Prasodjo menjelaskan bahwa kehadirannya di RSUD Rupit adalah untuk menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo, dengan tujuan meningkatkan keandalan listrik di seluruh Kabupaten Musi Rawas Utara. 

"Kami hadir di sini untuk langsung menindaklanjuti dengan cepat arahan Bapak Presiden. Yaitu memastikan peningkatan kualitas dan keandalan pasokan listrik, tidak hanya untuk RSUD Rupit ini, tetapi untuk seluruh wilayah Musi Rawas Utara," ucap Darmawan.

BACA JUGA: 10 Tips Dating Show Korea Terbaik, Sangat Seru dan Bagus Jangan Dilewatkan!

Dalam inspeksinya, Darmawan menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan dan pemetaan kondisi di lapangan. Ia mengidentifikasi bahwa penurunan keandalan listrik disebabkan oleh panjangnya jaringan distribusi, yang mencapai 70 kilometer dengan kondisi geografis yang sulit, melintasi perbukitan dan perkebunan.

"Untuk solusi cepat, kondisi tegangan yang tidak stabil dan mengalami penurunan keandalan di RSUD sudah kami selesaikan,” tambah Darmawan.

Sebagai solusi jangka pendek, PLN telah memasang infrastruktur penunjang dengan Automatic Change Over Switch (ACOS) untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik. Kini, RSUD Rupit yang sebelumnya hanya dipasok dari satu penyulang (jalur pasokan) mendapatkan suplai dari dua penyulang. 

“Bahkan kami tambah jaringan khusus untuk RSUD. Sehingga dalam waktu cepat masalah ini bisa diselesaikan," kata Darmawan.


PLN Tingkatkan Keandalan Listrik RSUD Rupit dan Kabupaten Musi Rawas Utara--foto: PT PLN (Persero)

Lebih lanjut, PLN juga melengkapi gardu hubung dengan kapasitor untuk memastikan suplai listrik di Musi Rawas Utara semakin andal.

Selain solusi jangka pendek, PLN juga telah menyiapkan solusi jangka panjang berupa penambahan infrastruktur gardu induk dan transmisi. Infrastruktur ini bertujuan untuk meningkatkan keandalan dan kualitas pasokan listrik secara permanen di seluruh Kabupaten Musi Rawas Utara. 

"Kita tidak berhenti di situ, kita langsung membangun infrastruktur yang permanen dan kokoh. Kami percepat pembangunan transmisi dan gardu induk agar bisa diselesaikan pada tahun depan,” tutur Darmawan.

Untuk menyukseskan pembangunan ini, Darmawan meminta dukungan dari pemangku kepentingan dan masyarakat di Kabupaten Musi Rawas Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber