Mobil Terbakar saat Mengisi BBM di SPBU di Yogyakarta, Ketahui Sederet Penyebabnya Agar Makin Hati-hati

Mobil Terbakar saat Mengisi BBM di SPBU di Yogyakarta, Ketahui Sederet Penyebabnya Agar Makin Hati-hati

Mobil Terbakar saat Mengisi BBM di SPBU di Yogyakarta--Source Gambar: Tangkapan layar instagram @memomesos

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Viral di media sosial video yang dibagikan oleh akun @memomedsos terkait pickup yang terbakar saat mengisi BBM. Peristiwa itu terjadi di SPBU Siono di Logandeng, Yogyakarta. Pada Senin, 29/05/2023 dini hari.

Ledakan terdengar dari kabin mobil, saat pengemudi menyalakan mobil. Titik api muncul di kabin depan bagian kiri Sopri. 

Sang Pengemudi pun berhasil mengeluarkan pick up nya dari area SPBU, Namun api dengan cepat menyebar ke seluruh sisi kiri dan kanan mobil. Tidak ada yang terluka dalam insiden terbakarnya  pick up  di SPBU ini . Namun, sang pengemudi pick up  mengalami kerugian sekitar Rp 30 juta  karena pick unya  luders terbakar.

Kejadian seperti itu, tentunya harus diwaspadai oleh seluruh pengendara. Menurut website resmi  Suzuki, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan mobil mudah terbakar, antara lain:

BACA JUGA:Perlu Diketahui, Ternyata ini Penyebab Anak Suka Terlibat Tawuran, Lakukan Ini

BACA JUGA:Legenda Bulu Tangkis Indonesia Taufik Hidayat, Dikecam Warganet Malaysia

1. Masalah Sistem Kelistrikan
Salah satu penyebab kebakaran mobil adalah masalah pada sistem kelistrikan, seperti korsleting, dan sering ada sakelar yang longgar yang menjadikan sebagai sumber hot spot. Arus listrik mengaliri kabel yang rusak dapat menimbulkan percikan api.  Cara aman saat menangani kerusakan sistem kelistrikan kendaraan adalah dengan memasang sekring. Karena sekring dapat memutus arus jika terjadi korsleting dan mencegah terjadinya kebakaran.

2.   Kendaraan Terlalu Panas
Jika kendaraan panas saat disentuh dan mengeluarkan asap, Hati-hati jika  dibiarkan begitu saja, dapat menimbulkan percikan api. Penyebab overheating tentu sangat berbeda, seperti sistem pendingin yang rusak atau kualitas oli yang tidak memenuhi standar. Diketahui bahwa salah satu fungsi oli adalah untuk melumasi pergerakan mesin, selain itu oli juga berfungsi untuk meredam panas yang dihasilkan akibat gesekan. Jika kendaraan anda terasa panas dan keluar asap pada bagian mesin. Sebaiknya matikan mesin dan segera buka kap mesin agar sirkulasi udara lebih mudah dan mesin lebih cepat dingin.  Setelah mesin didinginkan. Anda dapat memeriksa apakah ada kebocoran atau masalah lain di dalam mobil. 

3.   Kebocoran BBM dan Tutup Oli
Oli merupakan bahan yang mudah terbakar. Hal ini dapat menyebabkan kebakaran di dalam kendaraan. Kebocoran pada tangki bahan bakar harus dihindari agar bahan bakar tidak bersentuhan dengan mesin. Begitu pula kebocoran oli, bisa terjadi karena lupa menyetel tutup oli dengan baik dan benar. Tutup oli yang dipasang dengan  tidak benar dapat menyebabkan bocor karena getaran. Oli juga dapat mengalir ke mesin yang panas, sehingga dapat menimbulkan percikan api. 

4.   Terlalu Banyak Modifikasi Penggemar modifikasi mobil
Modifikasi pada mobil sering dilakukan bagi pecinta mobil terutama pada kalangan anak muda. Perubahan yang tidak standar pada mesin dan kelistrikan  ini juga bisa menjadi penyebab mobil bisa terbakar.  Penggantian spare part mobil yang tidak sesuai standar bisa menimbulkan keberatan suplai daya dan menimbulkan kebakaran. Daya yang dibutuhkan  terlalu besar akan membuat aki terkuras dan memicu munculnya panas berlebih sehingga bisa menyebabkan titik api.  

BACA JUGA:Rahasia Tersembunyi di Balik Bulan Kelahiranmu yang Mungkin Mengubah Kepribadianmu tentang Diri Sendiri!

BACA JUGA:Tidak Bisa Hadir Di Konser Born Pink Osaka, Jisoo BlackPink Positif Covid-19

5.   Perubahan pada sound system
Modifikasi pada  sistem audio tidak sesuai standar  dan memakan lebih banyak listrik. Pada dasarnya Setiap mobil sudah memiliki peralatan dan sistem kelistrikan yang standar dari pabrikan serta telah melalui uji coba dari mekanik pabrik. Mengubah standar tersebut memberikan efek samping yang berbahaya karena tidak sesuai dengan prosedur pabrikan. Sebelum memodifikasi kendaraan anda, ada baiknya anda berpikir ulang 

6.  Kecelakaan lalu lintas

  KKKebakaran juga disebabkan oleh kecelakaan. Dalam suatu kecelakaan, tangki bahan bakar sering pecah dan kemudian menumpahkan bahan bakar. Tumpahan bahan bakar ini sering terkena percikan api pada saat kecelakan, sehingga menyebabkan kebakaran pada kendaraan yang mengalami.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: instagram @memomedsos